Ingin Bobot Sapi Ternak Meningkat? Ini Dia Tipsnya


Pertanianku – Salah satu faktor utama keberhasilan penggemukan sapi adalah dari ransum yang terdiri atas hijauan dan konsentrat. Namun, pemberian ransum harus terjadwal dengan baik agar tercapai hasil yang diinginkan.

Pemberian ransum yang baik untuk mencapai pertambahan bobot badan yang lebih tinggi pada penggemukan sapi adalah dengan mengatur jarak waktu antara pemberian konsentrat dengan hijauan.

Pemberian konsentrat dapat dilakukan 2—3 kali dalam sehari semalam. Pemberian konsentrat dua kali dapat dilakukan pada pagi dan sore hari. Lain lagi dengan pemberian konsentrat yang dilakukan tiga kali dalam sehari.

Pemberian hijauan yang pertama kali dilakukan adalah sekitar dua jam setelah pemberian konsentrat di pagi hari. Pemberian hijauan dilakukan secara bertahap dan minimal empat kali dalam sehari.

Frekuensi pemberian hijauan yang lebih sering dilakukan dapat meningkatkan kemampuan sapi untuk mengonsumsi ransum dan meningkatkan kecernaan bahan kering hijauan itu sendiri.

Cara pemberian hijauan pada sapi yang digemukkan sebaiknya dihindari pemberian yang sekaligus dan dalam jumah yang banyak. Pemberian hijauan yang demikian akan berakibat pada banyaknya hijauan yang terbuang dan tidak termakan.

Baca Juga:  Kenapa Sapi Brahman Harus Diperlakukan Khusus?
loading...
loading...