Ingin Buah Kelengkeng Makin Legit? Yuk, Coba Teknik Ini


Pertanianku — Apakah Anda penikmat buah kelengkeng dan tertarik untuk menanamnya di rumah? Tanaman kelengkeng bisa Anda tanam di dalam pot. Namun, Anda juga pasti menginginkan buah kelengkeng legit.

buah kelengkeng legit
Foto: Pixabay

Buah yang satu ini memang terkenal dengan rasanya yang legit, maka tak heran buah kelengkeng pun menjadi salah satu buah meja favorit masyarakat.

Anda bisa memulainya dengan membeli bibit yang sudah jadi ataupun membuat bibit sendiri dengan menggunakan teknik susuan. Pasalnya, dengan cara tersebut Anda akan mencapai keberhasilan hingga 90 persen.

Berikut ini teknik susuan untuk pembibitan kelengkeng yang bisa Anda lakukan di rumah.

Teknik susuan adalah cara perbanyakan tanaman dimana satu tanaman sebagai batang bawah disambungkan pada satu cabang tanaman induk (yang belum terpisah dari pohon induknya). Jadi, seolah-olah tanaman 1 (sebagai batang bawah) digantung pada cabang tanaman induk.

Ujung tanaman batang bawah yang dipotong menyerupai ujung tombak disambungkan pada cabang tanaman induk dengan cara diikat.

Setelah kurang lebih 1,5 bulan, tanaman akan menyatu dengan sempurna sehingga siap dipisahkan dari tanaman induk. Bahkan 1,5 bulan berikutnya bibit hasil susuan siap dijual.

Usahakan pilih bibit dari hasil perbanyakan vegetatif. Sebab jika dari biji, kualitas buah belum tentu sama dengan yang diinginkan.

Baca Juga:  Cara Menanam Peterseli untuk Pemula
loading...
loading...