Ingin Budidaya Lebah? Perhatikan Hal ini Dulu!

Pertanianku – Lebah merupakan serangga yang berukuran kecil dan mungkin ditakuti oleh sebagian orang karena sengatannya yang terkenal sangat menyakitkan. Namun, seiring dengan perkembangan ilmu kesehatan, kini banyak terapi menggunakan sengatan lebah sebagai media berbagai jenis pengobatan.

Ingin Budi Daya Lebah Lakukan Hal ini Dulu!

Ternyata sengatan lebah bermanfaat sebagai penghasil antitoxin, lebah juga sangat erat kaitannya dengan madu. Madu merupakan cairan manis yang dihasilkan oleh lebah dari berbagai macam nektar bunga.

Loading...

Berbagai macam manfaat yang terdapat pada madu dapat meningkatkan energi secara langsung, meningkatkan metabolisme dan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, madu juga dapat memelihara kesehatan kulit.

Banyaknya manfaat dari madu inilah yang membuat permintaan pasar akan madu semakin meningkat dari tahun ke tahun, harganya yang tinggi tidak membuat omzet para pembudidaya menurun, karena masyarakat semakin sadar akan nutrisi sehat yang dibutuhkan tubuh mereka.

Jika Anda tertarik mencoba budidaya lebah. Berikut beberapa kiat dalam membudidayakan lebah.

  1. Pemilihan bibit unggul

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum memulai budidaya lebah harus melakukan persiapan bibit unggul, yang merupakan ratu lebah yang berusia 3 bulan hingga setahun yang memiliki fisik bagus dan agresif.

  1. Memperbanyak koloni lebah

Jika Anda memulai usaha budidaya lebah maka seharusnya Anda telah memiliki minimal 100 kotak koloni dan gembalakan pada lokasi yang menyediakan banyak tanaman bunga. Jika sudah berada pada tempat yang tepat maka ratu lebah akan menhasilkan lebih banyak telur lebah.

  1. Membuat calon ratu

Setelah memperbanyak koloni lebah hal selanjutnya adalah masukkan larva yang masih berumur satu hari dalam frame royal jelly yang telah disekat selama 11 hari sampai menjadi kepompong dan pindahkan dalam koloni besar, setelah seminggu maka ratu lebah akan siap kawin.

  1. Peralatan budidaya lebah
  • Kotak lebah yang terbuat dari kayu mahoni atau suren
  • Masker pelindung
  • Alat pengasap
  • Frame royal jelly
  • Pollen trap
  • Extractor
  • Sisiran
  • Sikat sisiran
  • Pengungkit sisiran
Baca Juga:  Mengenal Dua Jenis Kandang Kelinci Sistem Tertutup

Investasi modal yang dibutuhkan dalam budidaya lebah memang tidak sedikit dalam proses awal pengembang biyakannya, namun modal awal tersebut akan terasa semanis madu saat Anda mulai panen.

Loading...
Loading...