Ingin Burung Peliharaan Cepat Jinak? Begini Cara Melakukan Pendekatannya


Pertanianku – Memelihara hewan sudah menjadi bagian gaya hidup seseorang. Salah satu hewan yang cukup banyak dipelihara terutama oleh pria adalah burung kicau. Menurut sebagian orang, memelihara burung kicau memiliki daya tarik tersendiri. Terlebih jika Anda memelihara burung kicau yang memiliki suara merdu. Namun, Anda pun mengetahui bahwa menjinakkan burung peliharaan bukanlah hal yang mudah.

Terdapat beberapa cara agar burung cepat jinak. Salah satunya adalah dengan melakukan proses pendekatan melalui ucapan. Pada tahap ini, Anda tak perlu menggantung burung di lokasi yang ramai untuk menghindari mereka menjadi liar kembali. Cukup di tempat tenang yang jauh dari aktivitas manusia.

Proses pendekatan dapat dilakukan sebagai alternatif dalam proses penjinakan. Pendekatan tersebut dapat berupa obrolan santai, sapaan, ataupun panggilan akrab terhadap burung yang akan Anda jinakkan.

Burung sama seperti hewan peliharaan lainnya seperti kucing dan anjing yang memiliki naluri serta insting untuk menanggapi perkataan yang disampaikan manusia. Dengan demikian, Anda akan mencoba mengambil kepercayaan burung dengan menggunakan teknik pendekatan melalui kata-kata, seperti memberikan pakan yang dibarengi dengan ucapan salam sembari mengajak burung bicara. Lakukan hal tersebut secara rutin setiap kali Anda memberikan pakan kepada burung.

Metode seperti ini terbilang cukup efektif karena sudah banyak dilakukan kicau mania di seluruh dunia dan terbukti ampuh dalam menjinakkan burung. Namun, mayoritas kicau mania di Indonesia menganggap hal tersebut sangat berkaitan dengan gengsi jika terlihat orang lain. Oleh karena itu, banyak kicau mania yang hanya bersiul jika ingin berinteraksi dengan burung peliharaan.

Menjinakkan burung juga dapat dilakukan dengan cara memandikan burung sembari digenggam. Metode ini juga sangat efektif dengan peluang keberhasilan yang lebih besar dibanding memandikan dengan cara disemprot hingga basah kuyup.

loading...
loading...