Ingin Lovebird Cepat Bertelur? Perhatikan Hal Berikut Ini


Pertanianku — Kebanyakan lovebird mania biasanya hanya memelihara lovebird untuk keperluan lomba tanpa memerhatikan prospek jika memelihara beserta pasangan dan akhirnya bertelur. Buatlah lovebird cepat bertelur agar memiliki banyak keturunan yang nantinya bisa Anda jadikan bisnis.

lovebird cepat bertelur
Foto: Shutterstock

Ya, jika Anda tertarik memelihara lovebird di luar keperluan lomba, terdapat beberapa cara agar burung cinta yang dipelihara cepat bertelur dan menghasilkan keturunan. Berikut cara alternatif yang bisa Anda lakukan agar lovebird cepat bertelur.

  1. Menempatkan pasangan lovebird lain dalam satu ruangan

Cara ini dianggap cukup efektif karena suara dari lovebird lain yang sedang bertelur dapat memancing betina lainnya untuk segera kawin.

Menempatkan beberapa kandang ternak lovebird dalam satu ruangan memang bisa mempercepat proses produksi dan cara ini sangat umum dilakukan oleh kebanyakan peternak lovebird.

  1. Menggunakan lampu penerangan dengan cahaya full spectrum

Lampu full spectrum dapat membantu burung merasa nyaman di dalam kandangnya. Tempatkan lampu full spectrum ini di dalam ruangan atau di atas kandang ternak.

Menjelang malam hari sebaiknya lampu dimatikan untuk memberikan simulasi hari sehingga melancarkan metabolisme burung, termasuk saat berkembang biak.

  1. Mengubah pola makan

Cara ini umum dilakukan jika burung lovebird betina tidak juga bertelur. Mengganti pakan yang selama ini diberikan dengan pakan yang bisa memicu hormon lovebird betina agar cepat bertelur, seperti tauge, biji kuaci, kangkung, dan tulang sotong.

Baca Juga:  3 Hal Krusial dalam Usaha Pembesaran Ayam Joper
loading...
loading...