Ingin Melihat Kanguru di Indonesia? Kesini Yuk!

Pertanianku – Merauke merupakan wilayah yang berada di ujung Timur Indonesia. Di wilayah ini ternyata terdapat kanguru di Indonesia yang sangat mirip seperti Australia. Serta di wilayah tersebut konon terdapat rumah rayap yang setinggi dua meter.

Ingin Melihat Kanguru di Indonesia Kesini Yuk

Salah satu destinasi wisata  tersebut adalah Taman Nasional Wasur, yang berjarak sekitar 67 km dari Kota Merauke dan dapat ditempuh menggunakan perjalan darat dengan mobil sekitar 2 jam. Taman nasional Wasur tidak terlalu jauh dari perbatasan Indonesia dan Papua Nugini di Distrik Sota.

Taman Nasional Wasur merupakan lahan basah terbesar yang berada di Papua, dan tentu saja masih sangat alami. Luasnya bahkan mencapai 413.800 hektar dan masih jarang terjamah oleh manusia.

Dari ratusan jenis satwa di sana yang paling unik, yakni kanguru tanah dan rayap. Kanguru tanah dengan nama ilmiah Thylogale brunii (Dusky Pademelon). Kanguru di Indonesia ini masuk ke dalam kategori kanguru terkecil di dunia.

Kanguru tanah ukurannya jauh lebih kecil dibanding kanguru yang berada di Australia. Bobot tubuhnya hanya sekitar 3–6 kg, dengan tinggi yang tidak mencapai satu meter. Kanguru tanah pun tidak melompat-lompat seperti kanguru pada umumnya. Yang membuatnya unik adalah karena kanguru ini berjalan di tanah yang membuatnya sulit ditemukan di daerah manapun.

Bagi Anda yang tertarik melihat kanguru ini, terdapat kandang penangkaran di dekat pintu masuk Taman Nasional Wasur. Namun, perlu Anda tahu bahwa kanguru ini pergerakannya cukup cepat.

Hewan lainnya yang sangat menarik adalah rayap, yang bukan terlihat unik dari ukuran badan atau sayapnya. Rayap-rayap di Taman Nasional Wasur dapat membuat rumah mereka setinggi dua meter. Cukup besar bukan?

Baca Juga:  Mengatasi Kaki Burung Ocehan yang Bersisik

Mungkin jika ANda tidak sadar, Anda akan melihat rumah rayap tersebut seperti batu. Rayap-rayap membutuhkan waktu sekitar 1–2 tahun untuk membangunnya, dengan terbuat dari tanah, rumput kering, dan air liur rayap sebagai perekatnya. Jika dilihat dari dekat, dinding-dinding bangunannya terdapat lubang-lubang kecil sebagai ventilasi.

Rumah rayap dibagun sangat kokoh. Tidak mudah hancur, meski dihantam hujan dan didorong. Fakta menarik dari rumah rayap ini adalah, para rayap mengerjakannya di malam hari kala semua satwa tertidur.

Kanguru tanah dan rumah sayap di Taman Nasional Wasur layak masuk dalam daftar satwa ajaib di Indonesia. Sebab, kedua hewan ini hanya tinggal di Merauke, tidak ada lagi di tempat-tempat lainnya.