Ingin Membeli Anjing? Ini Yang Harus Anda Cermati!


Pertanianku – Pertimbangan dalam memilih jenis anjing memang sangat penting agar sesuai dengan kegunaannya. Jenis anjing yang dipilih harus sesuai dengan keinginan, terutama sifat dan karakternya. Anjing harus bisa bersahabat dan cocok dengan anggota keluarga. Alternatif jenis anjing yang dapat dipilih antara lain pomeranian, shih tzu, poodle, shelti, golden retriever, collie, miniature pinscher, maltese, pekingese, pug, samoyed, dan chow chow. Namun, bila ingin memiliki anjing penjaga yang andal maka pilihan yang tepat adalah rottweiler, pitbull, herder/anjing gembala jerman, dobermann, atau boxer.

20140920 Surabaya Dog Show d1_1175

Saat membeli anjing, ada beberapa hal yang harus dicermati, yaitu sebagai berikut.

  1. Pilih anjing yang lincah dan selalu ingin bermain karena merupakan indikasi bahwa anjing tersebut adalah anjing sehat.
  2. Pilih anjing yang sehat, kekar, dan kuat. Otot di punggung dan paha harus kuat. Kaki anjing harus lurus, tidak boleh melengkung seperti bentuk O atau X.
  3. Mata anjing yang akan dipilih harus bersih dan cerah. Telinga tampak bersih.Cuci kembali bekas gigitan tersebut dengan alkohol 70%. Lalu, tambahkan cairan antiseptik maupun obat merah. Hidung lembap dan tidak ada cairan ingus. Mulut dan gigi tampak bersih. Anus bersih.
  4. Pilih anjing yang kulit dan bulunya bersih dan tidak ada luka.
  5. Cek keaslian surat silsilah anjing untuk menjamin keaslian trah tertentu dan sertifikat yang menunjukkan bahwa anjing tersebut sehat.
  6. Pastikan anjing telah divaksinasi. Hal ini bisa dibuktikan dengan adanya buku vaksinasi yang tercantum tanggal, jenis vaksin, label vaksin, tanda tangan, dan stempel dokter hewan yang melakukan vaksinasi.
Baca Juga:  Instalasi Karantina Hewan Terbesar di Indonesia Diresmikan di Pangkalan Bun
loading...
loading...