Ingin Membuat Buah Semangka Kotak? Begini Caranya


Pertanianku – Saat ini terknik budidaya sudah semakin bervariasi. Jepang merupakan salah satu negara yang telah melakukan berbagai inovasi di bidang pertanian. Salah satu inovasinya adalah membudidayakan semangka berbentuk kotak. Jika awalnya semangka kotak hanya ada di Jepang, kini semangka tersebut bisa Anda temukan di beberapa supermarket.

Pasti Anda tahu bukan jika ada buah semangka yang dibudidayakan di dalam sebuah boks (kotak) untuk menghasilkan bentuk buah kotak. Untuk mendapatkannya, Anda memang akan mengeluarkan uang yang sedikit lebih banyak. Pasalnya, semangka kotak ini memang harganya lebih mahal daripada semangka pada umumnya. Untuk itulah, kini beberapa petani ataupun pembudidaya tanaman buah tertarik mencoba membuat semangka kotak. Lalu, bagaimana cara membuat semangka berbentuk kotak ini?

Proses penanaman dan perawatan semangka kotak tidak berbeda dengan semangka bulat biasa. Bagi petani yang sudah biasa menanam semangka, membuat semangka berbentuk kotak menjadi hal sangat mudah. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih varietas semangka yang memiliki bentuk benar-benar bulat dengan ukuran diameter buah sesuai keinginan. Pastikan ukuran diameter buah ketika panen diketahui dengan pasti karena akan menentukan ukuran kotak cetakan yang akan dipergunakan. Jika ukuran cetakan terlalu kecil, cetakan akan pecah atau buahnya yang akan pecah. Sebaliknya, bila ukurannya terlalu besar, bentuk kotak tidak akan tercapai karena buahnya tidak dapat memenuhi volume kotak yang dibuat.

Setelah itu, tanam dan pelihara tanaman semangka seperti biasanya, dengan dipupuk, disiram dan dijaga dari serangan hama dan penyakit. Setelah ukuran buah semangka mencapai setengah dari ukuran maksimal, pilih buah terbaik untuk dipasangi cetakan berbentuk kotak yang terbuat dari kayu dengan bingkai besi atau menggunakan bahan akrilik yang cukup tebal. Masa pemasangan kotak biasanya setelah usia 40—45 hari sejak berbunga. Bakalan semangka kotak ini kemudian digantung dan dijaga jangan sampai terkena air. Sebab, jika terkena air, buahnya bisa busuk.

Baca Juga:  Nangka Muda Dijadikan Abon, Seperti Apa Ya?

Sekitar lima hari menjelang panen, kotak-kotak cetakan dibuka. Hal ini bertujuan untuk mempercantik penampilan luar serta menjadikannya lebih manis dengan sudut-sudut buah yang rapi. Selain bentuknya unik, semangka berbentuk kotak juga lebih mudah diangkut dan membutuhkan ruang lebih sedikit dibandingkan semangka bulat biasa.

Bagaimana, cara budidaya semangka agar menghasilkan buah dengan bentuk kotak sangat inovatif bukan?! Tertarik mencobanya?

loading...
loading...