Ingin Menanam Kacang Panjang di Perkarangan Rumah? Begini Caranya!


Pertanianku — Banyak yang mengaku bahwa menanam kacang panjang itu sulit dilakukan. Padahal, itu sangat mudah dilakukan oleh siapa pun, bahkan oleh Anda yang masih pemula. Kacang panjang atau Vigna sinensis merupakan tanaman berjenis sayuran yang masuk dalam golongan famili leguminosa.

menanam kacang panjang
Foto: Pertanianku

Tahukah Anda? Famili leguminosa merupakan tanaman sayuran yang dapat memulihkan kandungan nitrogen yang ada pada tanah. Selain sebagai pemulih kandungan nitrogen dalam tanah, menanam kacang panjang tidak membutuhkan banyak biaya alias dapat memberikan keuntungan yang banyak dalam segi ekonomi. Berikut ini akan dibahas mengenai cara menanam kacang panjang di pekarangan.

  1. Pemilihan benih

Sebelumnya, Anda perlu memilih benih yang sudah matang dari pohonnya sebelum mengembangkan benih kacang panjang. Jemur biji kacang panjang yang sudah dipilih dan usahakan terkena sinar matahari secara langsung hingga benar-benar kering. Jika biji terasa sudah benar-benar kering, kupas biji kacang panjang tersebut, kemudian jemur kembali. Setelah itu, biji kacang panjang siap dilanjutkan ke proses penyemaian.

Namun, jika Anda merasa kurang percaya diri pada biji kacang panjang yang Anda kembangkan sendiri, Anda bisa membeli benih kacang panjang di toko pertanian dan konsultasilah kepada penjual mengenai tanaman kacang panjang.

  1. Pengolahan tanah

Untuk menanam benih kacang panjang, Anda harus mempersiapkan lubang tanam dengan kedalaman sekitar 30 cm. Tanah pun dapat disiapkan dengan cara mencangkul atau membajaknya.

Setelah itu, gemburkan tanah tersebut dengan cara membajak atau menyiraminya dengan air. Biarkan tanah yang sudah gembur tadi terbuka selama 4 hari, untuk memberi kesempatan tanah bernapas. Buatlah bedengan dengan ukuran 8×1×20 cm (panjang = 8cm, lebar 1cm, dan tinggi 20cm).

  1. Tahap penanaman

Umumnya, kacang panjang ditanam pada akhir musim hujan. Hal ini dikarenakan agar tanaman dapat menyerap air dengan mudah sehingga tidak mudah busuk ketika berada pada curah hujan yang tinggi.

Baca Juga:  Berkat Biochar Kompos, Sayuran Sehat Segar dan Awet

Sebenarnya penanaman kacang panjang juga dapat dilakukan pada musim kemarau karena tanaman ini dapat dengan mudah beradaptasi. Namun, ketika Anda menanam kacang panjang pada waktu musim kemarau, Anda perlu melakukan pengairan pada tanaman agar tanaman dapat dengan mudah mendapat air.

loading...
loading...