Ingin Mendapatkan Hasil Telur Ayam Berkualitas? Lakukan Cara ini


Pertanianku – Fokus utama saat menjalankan bisnis budidaya ayam petelur adalah untuk mendapatkan telur ayam berkualitas dan unggul. Telur ayam berkualitas memiliki kulit yang eksternal.

Ingin Mendapatkan Hasil Telur Ayam Berkualitas? Lakukan Cara ini

Kulit telur memiliki pori pelindung yang terdiri atas kalsium karbonat ditutupi dengan penghalang protein transparan disebut kutikula. Kutikula melindungi interior dari kontaminasi bakteri. Struktur ini bersama dengan membran dalam mengelilingi seperti mirip bantal, albumen (putih), sebagian besar terdiri dari air dan protein.

Di dalam albumen dikemas nutrisi kuning, inti utama telur. Inti ini terdiri atas protein, asam lemak, vitamin, dan mineral. Rata-rata telur ayam mengandung sekitar 6 gram protein dan 6 gram lemak. Untuk mendapatkan hasil telur ayam berkualitas terbaik, perlu diperhatikan langkah-langkah berikut.

Memberikan makanan dasar

Untuk menjaga fungsi tubuh dan memproduksi salah satu unit yang kaya nutrisi mandiri setiap hari, penting bagi ayam petelur mendapat diet seimbang dengan tingkat yang memadai dari protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral.

Pada unggas berusia lebih dari 16—20 minggu, para ahli umumnya merekomendasikan ransum seimbang yang mengandung 16—18 persen protein dan sekitar 3 ½ persen kalsium untuk mendapatkan kulit telur yang kuat.

Sebaiknya, ayam dibiarkan bebas berkeliaran di padang rumput, kebun, dan taman agar dapat mengonsumsi beragam serangga, biji-bijian, buah, dan biji tanaman. Banyak pembudidaya mencoba untuk menghemat biaya pakan dengan memberi makan biji-bijian dan sisa makanan rumah tangga. Namun, hal ini seharusnya jangan dilakukan karena dapat melemahkan gizi dari pakan petelur dan dapat mengakibatkan kelemahan shell atau penghentian produksi telur sama sekali.

Ayam petelur juga membutuhkan pasokan konstan air bersih. Air sangat dibutuhkan oleh ayam untuk mendukung kehidupan berbagai fungsi fisiologis. Selain itu, air juga terdapat lebih dari setengah volume pada telur yang dihasilkan. Anda harus memastikan ayam memiliki sumber air yang dapat diandalkan selama dua periode (musim) panas/kering dan dingin/hujan. Jika tidak, produksi telur mereka akan tidak maksimal.

Baca Juga:  Guna Menekan Harga, Tata Niaga Daging Sapi Perlu Diubah

Jaga kandang tetap bersih

Apa pun sistem kandang yang digunakan, hindari keributan/suasana bising di sekitar kandang ayam. Jaga lingkungan kandang tetap bersih dan sekering mungkin. Atur layering sampah segar di rumah, cegah pembentukan lumpur di kandang, dan sapu kotoran. Tindakan-tindakan tersebut akan membantu mencegah ayam sakit. Kondisi higienis dapat mendukung kesehatan ayam. Lakukan pula biosekuriti, seperti periode karantina untuk unggas baru dan membatasi kunjungan ke peternakan Anda dari pengumpulan ayam lainnya.

Memberikan kandang yang baik

Untuk mendapatkan telur yang berkualitas, Anda perlu membuat ayam-ayam nyaman. Usahakan ayam-ayam dapat beristirahat dengan nyaman di kandangnya.

Mengatur pencahayaan

Cahaya merupakan faktor penting yang dapat memengaruhi produksi telur. Minimal 14 jam pemberian cahaya per hari diperlukan untuk menjaga produksi telur. Timer dapat digunakan sehingga lampu tidak harus menyala di sepanjang hari.

Bersihkan telur

Jika telur ditemukan bersih, tidak perlu untuk dicuci lagi. Ini karena akan menghapus kutikula, yang merupakan lapisan pelindung alami yang ditemukan pada telur. Lakukan pencucian sekadar membersihkan telur dari kotoran yang menempel.

loading...
loading...