Ingin Meningkatkan Nafsu Makan Itik? Begini Caranya!

Pertanianku — Umumnya, peternak itik pedaging sering mencari cara bagaimana meningkatkan nafsu makan itik yang ia ternakkan sekaligus meningkatkan bobot ternaknya secara cepat. Hal itu dikarenakan ada beberapa hal yang dapat menyebabkan turunnya nafsu makan itik pedaging seperti penyakit, itik yang stres, suhu udara, tingginya kadar amoniak, serta pakan dan ketersediaan air.

meningkatkan nafsu makan itik
Foto: Shutterstock

Jika kelima faktor tersebut telah berhasil Anda control, tetapi itik masih rendah nafsu makannya, berarti itik harus Anda berikan perlakuan khusus agar nafsu makannya meningkat.

Pemberian vetsin/MS sebanyak 3 gram/kg pakan akan meningkatkan pertumbuhan unggas. Hal ini dikarenakan asam glutamat memberikan rasa lezat pada pakan sehingga itik mengonsumsi lebih banyak pakan. Dengan banyaknya konsumsi pakan, nutrisi yang diterima lebih banyak dan bobot itik akan meningkat cepat.

Selain itu, asam glutamat juga berfungsi sebagai zat antara dalam reaksi interkonversi asam amino. Asam glutamat membantu proses sintesis asam amino non-esensial yang akan bergabung dengan asam amino esensial yang masuk lewat pakan untuk membentuk protein tubuh sehingga meningkatkan pertambahan bobot badan. Namun, disarankan untuk tidak berlebihan dalam memberikan vetsin ini karena pemberian yang berlebihan akan memengaruhi kinerja otak itik.

Pemberian daun pepaya juga baik. Daun pepaya bisa diberikan secara segar ataupun diperas untuk diambil airnya. Hal ini terbukti meningkatkan nafsu makan itik. Itu karena daun pepaya mengandung flavanoid yang bersifat antibakteri, antivirus, antijamur, antiradang, antioksidan, antitumor, memperbaiki daya tahan tubuh (imunostimulant), dan antinyeri (analgesik). Tidak adanya nyeri, radang, bakteri dan virus serta lainnya pada tubuh itik tentu akan membuat itik sehat dan nafsu makan itik meningkat.

Ada pula beberapa herbal yang memiliki manfaat menambah nafsu makan itik di antaranya kunyit, temulawak, temu ireng, bawang putih, brotowali, lempuyang dan dedaunan/buah yang memiliki rasa pahit. Buah/daun yang memiliki rasa pahit berguna untuk memproduksi enzim pencernaan, kaya akan vitamin dan merangsang kebutuhan akan gula/glukosa dan karbohidrat yang biasa terdapat pada pakan.

Baca Juga:  5 Hal yang Wajib dalam Ternak Ayam Kampung

Anda dapat membuat campuran bahan herbal ataupun menggunakannya secara individu (misal bawang putih dilolohkan) untuk meningkatkan nafsu makan itik.

Untuk menambah nafsu makan itik, bisa dilakukan juga dengan pemberian probiotik. Probiotik dengan kandungan bakteri baiknya bekerja memperbaiki pencernaan unggas sehingga nafsu makan itik akan meningkat. Gabungan probiotik dengan karbihidrat/herbal atau biasa disebut juga synbiotic juga meningkatkan nafsu makan itik akibat adanya penggabungan khasiat herbal dan probiotik dalam isinya.

Loading...