Ingin Menjaga Kesehatan Mata? Yuk, Konsumsi Brokoli!


Pertanianku – Memiliki mata yang sehat pasti menjadi keinginan setiap manusia. Pasalnya, penglihatan yang tidak jelas pasti akan berdampak pada terhambatnya semua aktivitas. Tak jarang orang melakukan segala cara untuk menjaga kesehatan mata. Salah satunya dengan mengonsumsi sayuran bergizi seperti wortel. Namun, tahukah Anda bahwa tak hanya wortel yang dapat membantu menjaga kesehatan mata? Brokoli juga ternyata memiliki khasiat yang sama dalam menjaga kesehatan mata lho.

Dikutip dari laman dailymail.co.uk, nutrisi dan vitamin yang terkandung di dalam sayur brokoli sangat baik buat kesehatan mata. Beberapa ahli yang melakukan penelitian terhadap sayur brokoli menyebutkan bahwa brokoli mengandung senyawa yang disebut sebagai I3C. Senyawa ini dipercaya mampu menjaga kesehatan mata dengan baik dan mendetoksi retina mata sehingga membuat mata tetap sehat, penglihatan yang lebih tajam serta membuat mata selalu bening.

Tak hanya baik buat penglihatan, nutrisi yang terkandung di dalam sayur brokoli ini sendiri juga juga bisa mencegah mata menderita risiko masalah mata. Nutrisi dan vitamin yang terkandung di dalam brokoli khususnya zat anti-oksidan di dalamnya juga akan membuat mata jauh dari risiko tumor ataupun kanker.

Dr. Arvind Ramanathan, Ph.D, salah seorang peneliti mengungkapkan bahwa nutrisi pada sayur brokoli akan menjaga kesehatan mata dengan baik. Nutrisi ini nantinya juga akan membantu seseorang memiliki penglihatan yang lebih tajam juga jauh dari risiko masalah mata seperti halnya rabun atau katarak saat usianya sudah senja.

Sementara itu, Deepak Lamba, MBBS, Ph.D, salah seorang peneliti lainnya mengungkapkan bahwa ia dan rekan lainnya akan melakukan penelitian lanjutan terkait penemuan ini. Dan memastikan bahwa brokoli benar-benar sangat baik buat kesehatan mata. Harapannya, dengan adanya penelitian lanjutan, para ahli bisa menemukan sesuatu yang baru yang lebih mengesankan terkait hal ini.

Baca Juga:  Masih Pakai Minyak Goreng Berulang Kali? Ini Bahayanya

Selain brokoli, para ahli juga menyebutkan bahwa makanan lain yang juga sangat baik dan memungkinkan menjaga kesehatan mata adalah jenis kacang-kacangan, ikan, dan minyak nabati.

Mulai sekarang mulailah untuk menyukai brokoli dan usahakan untuk mengonsumsinya secara teratur dalam jumlah yang tepat. Jangan lupa juga menjaga pola hidup serta pola makan yang sehat, minum air putih cukup, istirahat dan olahraga cukup. Pastikan untuk tidak melakukan berbagai aktivitas yang meningkatkan risiko kerusakan mata.

loading...
loading...