Ingin Nutrisi tidak Hilang? Mulai Sekarang jangan Panaskan Sayur


Pertanianku – Hampir seluruh manusia di dunia pasti mengonsumsi sayuran. Hal ini bisa dikatakan bahwa mengonsumsi sayuran adalah sumber kehidupan bagi manusia. Kandungan nutrisi, serat, dan mineral di dalamnya memang sangat diperlukan oleh tubuh. Namun, masih banyak yang sering melakukan kesalahan fatal saat memasak sayuran. Mulai dari merebusnya terlalu lama. Atau, bahkan tidak mencuci sayuran dengan benar.

Foto: pexels

Meski memasak sayuran terlihat gampang dan mudah, kesalahan-kesalahan seperti ini sebetulnya sangat fatal dan harus dihindari. Berikut ini beberapa tips mengolah sayuran agar nutrisinya tak hilang.

  1. Nutrisi dalam sayuran mudah larut dalam air. Jadi, akan lebih baik bila mencuci sayuran sebelum memotong atau mengupas kulitnya. Selain itu, cucilah dengan air yang mengalir.
  2. Kenali cara memasak setiap sayuran dengan baik. Hal ini dikarenakan setiap sayuran memiliki cara penanganan yang berbeda untuk setiap jenisnya. Sebagai contoh, sayur sawi sebaiknya jangan ditumis terlalu lama agar nutrisi dan teksturnya tetap renyah.
  3. Potong sayuran tipis atau dalam ukuran kecil saja agar tidak membutuhkan waktu yang lama untuk memasaknya. Hal ini juga akan memudahkan si kecil menyantap masakan Anda.
  4. Jangan merebus sayur terlalu lama. Ini adalah tips kuno yang sering didengar. Memasak sayuran terlalu lama hanya menyebabkan rusaknya nutrisi dalam sayur tersebut. Lalu, bagaimana mengatasinya? Masaklah sayuran dalam air mendidih dan angkat saat sayur mulai berubah warna. Hal ini untuk menghindari larutnya nutrisi sayur. Ingat, lembek bukan berarti layu.
  5. Biarkan air mendidih dulu, lalu masukkan sayuran. Banyak nutrisi dalam sayuran akan hilang dan larut jika memasukkannya ke dalam air, kemudian baru dimasak sampai mendidih.
  6. Bila memasak sayuran berkuah, bumbui kuah hingga terasa pas di lidah, lalu masukkan sayuran. Masak sebentar hingga sayuran berubah warna.
  7. Sajikan olahan sayuran secepatnya setelah dimasak. Sebab, menu sayuran memang paling pas disajikan selagi panas.
  8. Jangan panaskan sayur yang sudah dimasak. Jika Anda terpaksa melakukannya, panaskan sekali saja. Hal ini untuk mencegah hilangnya nutrisi sayuran.
Baca Juga:  Yuk, Simak Jenis Sayuran yang Meningkatkan Berat Badan

Mulai sekarang, sebaiknya Anda tidak lagi memanaskan sayuran ya!

loading...
loading...