Ingin Pohon Lemon Tumbuh Lebat? Begini Caranya


Pertanianku – Jeruk lemon menjadi salah satu buah yang banyak dikonsumsi. Tidak hanya sebagai minuman yang menyegarkan dan menyehatkan, lemon kerap digunakan sebagai bumbu pada masakan dan juga kue. Untuk itulah, tanaman ini banyak dibudidayakan karena kebutuhan masyarakat akan lemon cukup tinggi.

Kini beberapa orang memiliki pohon lemon di pekarangan rumahnya. Apakah Anda memiliki pohon lemon di rumah? Apakah lemon Anda tumbuh dengan baik? Jika pohon lemon Anda kurang berkembang dengan baik, sebaiknya Anda coba terapkan tips menanam dan merawat lemon berikut ini. Dijamin tanaman lemon Anda akan tumbuh dan berbuah lebat.

  1. Penggunaan pupuk

Untuk menanam lemon, salah satu komponen pendukung kesuburan tanaman adalah pemberian pupuk yang baik. Penggunaan pupuk yang mengandung alfalfa atau cottonseed sebaiknya dihindari dalam perawatan lemon. Hal ini karena ada jamur tanaman yang bernama anthracnose yang sering ditemukan dalam pupuk yang mengandung kedua zat itu. Akibatnya, pohon lemon menjadi terkontaminasi.

  1. Pencahayaan

Jika Anda ingin pohon lemon tumbuh dan berbuah lebat, tanaman ini membutuhkan sinar matahari yang cukup. Anda bisa meletakkan tanaman lemon di ruangan terbuka, tetapi tidak terekspos matahari secara langsung. Dengan begitu, tanaman Anda mendapatkan sinar yang cukup, tetapi tidak kering.

  1. Menanam sesuai jenis

Sebelum menanamnya, Anda harus mengenali dulu tanaman ini. Pasalnya, ada dua macam tanaman jeruk atau citrus. Mereka adalah jeruk manis dan jeruk asam. Menanam dan merawat jeruk asam lebih mudah daripada menanam jeruk manis. Bila Anda berhasil menanam lemon dan ingin membudidayakan jeruk lain, cobalah untuk menanam highly acidic citrus tree atau tanaman jeruk asam seperti Nippon Orangequat, Persian Lime, dan Calamondin Orange.

Sangat mudah ‘kan merawat pohon lemon. Kini bercocok tanam menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan.

Baca Juga:  Produktivitas Kelapa Meningkat Tajam dengan Pupuk Ini
loading...
loading...