Ingin Punya Rambut Indah? Daun Kelor Solusinya

Pertanianku — Sebelum Anda merawat rambut, perhatikanlah terlebih dahulu kesehatan tubuh karena itu sangat berpengaruh pada kesehatan rambut. Namun tahukah Anda, daun kelor memiliki manfaat menarik, yakni dapat menyehatkan rambut.

daun kelor
Foto: Pixabay

Kandungan yang terdapat pada daun kelor mengandung mineral yang cukup banyak, vitamin, serta asam amino dalam bentuk protein yang bermanfaat untuk pertumbuhan rambut. Selain itu, daun kelor merupakan bahan alami yang berfungsi sebagai vitamin A, C, kalium, dan kalsium.

Kandungan nutrisi yang terkandung dari daun kalori memiliki nilai yang cukup tinggi yang dapat diserap dengan mudah oleh tubuh atau kulit jika dibandingkan dengan produk suplemen sintetis.

Loading...

Asupan nutrisi dan oksigen dari sistem peredaran darah ke akar rambut atau folikel rambut sangat penting dalam pertumbuhan rambut sehat. Kandungan vitamin A yang terdapat pada daun kelor juga bermanfaat untuk mengembangkan jaringan tubuh, sel sehat, dan mampu mengurangi kerontokan rambut.

Namun jika pertumbuhan rambut kekurangan vitamin A akan menimbulkan efek pada kulit menjadi tebal sehingga rambut akan kering dan mudah ketombean. Vitamin A yang cukup tinggi yang terkandung pada daun kelor berfungsi untuk membantu proses pertumbuhan rambut juga menjaga kesehatan rambut dengan baik.

Adapun kandungan zinc yang terkandung dalam daun kelor mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan merangsang pertumbuhan rambut dengan sehat. Jika rambut kekurangan zinc, akan menghasilkan atrofi folikel pada rambut sehingga menyebabkan kerontokan dan ketombe.

Jika rambut Anda terjadi kerontokan, bisa dipastikan bahwa tubuh Anda kekurangan vitamin B, B6, asam folat, inositol, dan biotin. Kandungan vitamin E yang tekandung dalam daun kelor berfungsi sebagai anti-oksidan. Anti-oksidan ini sangat penting karena dapat merangsang kulit rambut melalui sirkulasi darah.

Baca Juga:  Cara Gampang Tambahkan Protein ke Diet Vegetarian

Dalam meningkatkan sirkulasi darah ini dapat membuat lebih banyak vitamin atau nutrisi yang bermanfaat untuk folikel rambut sehingga pertumbuhan rambut akan lebih baik dengan tumbuh lebih kuat. Adapun kandungan vitamin C yang terkandung pada daun kelor bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi kulit rambut.

Untuk memanfaatkan daun kelor ini, Anda bisa membuatnya sebagai masker atau lalapan dan bisa juga dikonsumsi dengan diolah menjadi minuman herbal. Caranya, siapkanlah terlebih dahulu 10—15 daun kelor. Kemudian rebus dengan air sebanayak 3 gelas, biarkan sampai mendidih menjadi 1 gelas.

Setelah dingin, minumlah sampai habis dan lakukanlah secara rutin 2 kali sehari, pagi dan sore. Namun, jika Anda ingin membuatnya sebagai masker. Langkah pertama, haluskan terlebih dahulu dengan blender, kemudian beri sedikit air mawar. Setelah itu, aplikasikan pada rambut secara rata selama 30 menit. Terakhir, bilas dengan cara berkeramas menggunakan sampo.

Loading...
Loading...