Ingin Sapi Ternak Sehat? Berikan Ramuan Herbal Ini Saja!


Pertanianku – Ramuan herbal biasanya digunakan untuk pengobatan pada manusia. Namun, tahukah Anda ternyata ramuan herbal juga dapat diberikan ke hewan ternak seperti sapi. Kegunaan ramuan herbal untuk sapi ternak adalah membuat tubuhnya kuat dan tidak mudah terserang penyakit. Selain itu, herbal untuk sapi ini berfungsi sebagai penambah nafsu makan, mengatasi cacingan, sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh.

Pemanfaatan ramuan herbal untuk sapi ini dianjurkan karena selain dapat menghemat biaya, juga dapat mengurangi ketergantungan peternak terhadap obat-obat ternak pabrik yang biasanya kurang bahkan tidak tersedia di pedesaan.

Bahan herbal untuk sapi ini bisa menggunakan temuhitam (Curcuma aeruginosa), temulawak (Curcuma xanthorrihza), dan daging buah pinang (Areca catechu). Ketiga bahan tersebut ditumbuk halus, dengan perbandingan 1 : 1 : 1.

Jangan lupa juga untuk menambahkan gula merah dan garam secukupnya. Seluruh bahan tersebut kemudian dilarutkan ke dalam air dan diberikan pada sapi melalui air minum selang 2 bulan sekali.

Dengan pemberian herbal ini dapat membantu memperbaiki sapi yang dominan mengonsumsi hijauan. Efek dari pemberian herbal itu akan berpengaruh ke penambahan bobot sapi hingga 1 kg per hari.

Baca Juga:  Kenapa Sapi Brahman Harus Diperlakukan Khusus?
loading...
loading...