Ingin Sehat dan Panjang Umur? Ya, Konsumsi Buah Pisang!


Pertanianku – Pisang merupakan salah satu buah yang cepat membuat perut kenyang. Untuk itulah, beberapa orang yang tengah menjalankan diet ketat, lebih memilih pisang sebagai camilan sehatnya.

Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam buah pisang sangatlah melimpah, terdiri atas mineral, vitamin, karbohidrat, serat, protein, lemak, dan lain-lain. Oleh karena itu, apabila orang hanya mengonsumsi buah pisang, sudah tercukupi gizinya.

Kandungan gizi yang terdapat dalam satu buah pisang matang adalah kalori 99 kalori, protein 1,2 gram, lemak 0,2 gram, karbohidrat 25,8 miligram (mg), serat 0,7 gram, kalsium 8 mg, fosfor 28 mg, besi 0,5 mg, vitamin A 44 RE, Vitamin B 0,08 mg, Vitamin C 3 mg dan air 72 gram.

Kandungan gizi tersebut bisa didapatkan secara optimal jika Anda memilih buah pisang dengan kualitas terbaik. Cara memilih buah pisang dengan kategori berkualitas yakni pilihlah pisang yang sudah matang, yang kulitnya hijau kekuning-kuningan dengan bercak cokelat atau kuning.

Pisang yang sudah matang mudah dicerna dan gula buahnya mudah diubah menjadi glukosa alami untuk diabsorbsi ke dalam peredaran darah. Sebaliknya pisang yang mentah akan sulit dicerna.

Untuk itu, yuk langsung saja kita lihat beberapa manfaat buah pisang yang wajib diketahui:

  1. Buah pisang dengan mudah dapat dicerna, gula yang terdapat dalam buah pisang diubah menjadi sumber tenaga secara cepat dan itu bagus untuk pembentukan tubuh, untuk kerja otot, dan sangat bagus untuk menghilangkan rasa lelah sekaligus menjadi sumber kekuatan.
  2. Pisang disarankan untuk dikonsumsi para wanita hamil karena mengandung asam folat yang mudah diserap janin melalui rahim. Namun, jangan terlalu berlebihan, sebab satu buah pisang mengandung sekitar 85—100 kalori.
  3. Dua buah pisang yang dimakan oleh pasien anemia setiap hari sudah cukup, karena mengandung Fe (zat besi) tinggi.
  4. Pisang yang dicampur susu cair dapat dihidangkan sebagai obat dalam kasus penyakit usus. Juga dapat direkomendasikan untuk pasien sakit perut dan cholik untuk menetralkan keasaman lambung. Pisang juga dapat menjadi sumber pertahanan terhadap inflamasi karena vitamin C dalam buah pisang dapat cepat diproses. Ia mentransformasikan bacillus berbahaya menjadi bacillus yang bersahabat. Puree pisang ataupun krim pisang, dapat dikonsumsi oleh pasien yang menderita diare.
  5. Penderita penyakit lever bagus mengonsumsi pisang dua buah sehari ditambah satu sendok madu. Hal ini akan menambah nafsu makan dan membuat kuat.
  6. Bubur pisang dicampur dengan sedikit susu dan madu, dioleskan pada wajah setiap hari secara teratur selama 30—40 menit. Basuh dengan air hangat, kemudian bilas dengan air dingin atau es, diulang selama 15 hari, akan menghasilkan pengaruh yang menakjubkan pada kulit.
  7. Pisang juga dapat menurunkan berat badan. Telah terbukti seseorang bisa kehilangan berat badan dengan berdiet 4 buah pisang dan 4 gelas susu nonfat atau susu cair per hari sedikitnya 3 hari dalam seminggu.
  8. Tanaman pisang secara genetis dapat menghasilkan vaksin yang murah sebagai alternatif pertahanan anak dari serangan penyakit. Para peneliti sedang mencoba memproduksi antigen untuk coating virus Hepatitis B dari buah pisang. Apabila vaksin Hepatitis B tersebut berhasil akan menjadi sangat murah.
Baca Juga:  Yuk, Halau Darah Tinggi dengan Buah Ajaib Ini

Bagaimana, sangat banyak bukan manfaatnya?! Yuk, mulai sekarang perbanyak konsumsi buah pisang untuk memenuhi asupan gizi harian Anda!

loading...
loading...