Ingin Tanaman Pepaya Berbuah Lebat? Begini Caranya

0

Pertanianku – Di Indonesia perkebunan pepaya berskala industri memang banyak dilakukan. Bisa dikatakan buah satu ini memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi. Selain itu, pepaya merupakan salah satu buah unggulan tanah air.

Berbagai jenis pepaya memiliki keunggulannya masing-masing. Jika kita membicarakan produktivitas tanaman pepaya, tanaman ini ternyata akan mulai berkurang produktivitasnya setelah berumur 2—3 tahun.

Meskipun setelah jangka waktu tersebut pepaya tetap menghasilkan panen, hasil panennya akan berkurang.

Namun, ternyata terdapat cara yang praktis untuk mengembaikan produktivitas tanaman pepaya tanpa harus menanamnya kembali dari awal. Lantas, bagaimana caranya?

Caranya, yaitu dengan dipangkas. Dengan cara ini, tanaman pepaya kembali berproduksi optimal tanpa harus menunggu waktu lama, dan yang penting ongkos yang harus dikeluarkan cukup murah. Cara ini juga membuat tanaman pepaya tetap pendek sehingga memudahkan dalam perawatan dan pemanenan.

Lalu, bagaimana cara memangkasnya?

Pemangkasan sebaiknya dilakukan pada musim kemarau untuk menghindari pembusukan. Batang pepaya yang sudah tua dipotong dengan gergaji atau parang tajam setinggi 50—60 cm dari permukaan tanah. Lubang di dalam batang tanaman pepaya bekas pemotongan ditutup dengan plastik.

Beri pupuk petroganik dan siram dengan air secukupnya setiap hari agar tanah tetap lembap. Tiga minggu setelah pemangkasan akan tumbuh tunas-tunas di bawah ujung batang yang dipangkas. Pilih dua atau tiga tunas yang paling sehat dan biarkan tumbuh membesar. Usahakan tunas itu tidak berdekatan agar bisa tumbuh optimal. Setelah tunas tumbuh membesar, plastik penutup harus segera dibuka agar tunas tidak menjadi keriting dan pertumbuhan tunas tidak terganggu.

Tanaman pepaya cabang dua hingga tiga ini biasanya mulai berbunga setelah tiga bulan sejak pemangkasan. Dengan pemupukan dan perawatan yang baik, setiap batang akan menghasilkan buah yang cukup banyak, tetapi biasanya ukurannya lebih kecil dibanding sebelum batangnya dipangkas. Meskipun demikian, hasilnya masih cukup menguntungkan. Bahkan, bila perawatan dilakukan dengan baik jumlah hasil panen bisa lebih banyak dibandingkan sebelum dipangkas.

Pemangkasan batang pepaya tidak hanya untuk tanaman yang sudah berumur tua. Agar tanaman pepaya tumbuh pendek dan berbuah lebat bisa dilakukan pemangkasan ketika baru berumur satu bulan. Caranya, pilih tanaman yang sehat kemudian potong ujung atas tanaman pepaya (daun muda paling atas).

Setelah 10 hari akan muncul tunas-tunas baru, dan batang pohon pepaya dipotong lagi sekitar 15 cm dari tanah. Setelah tumbuh tunas-tunas baru, pilih satu atau dua tunas yang terbaik, yang lain dibuang. Pengalaman para petani membuktikan, tunas baru ini akan menghasilkan buah pepaya yang lebih lebat dibandingkan tanpa pemangkasan.

Selamat mencoba!

loading...
loading...