Ingin Tingkatkan Kesuburan, Konsumsilah Teh Kembang Telang


Pertanianku –Teh adalah salah satu minuman yang punya banyak manfaat kesehatan tubuh, tapi pernahkah Anda mengonsumsi teh kembang telang? Bunga telang yang warna ungu itu dikeringkan dan diseduh dengan air panas seperti layaknya menyeduh teh biasa.

Ingin Tingkatkan Kesuburan, Konsumsilah Teh Kembang Telang

Bunga tersebut banyak ditemukan di Asia Tenggara, bunga tanaman rambat yang lebih sering tumbuh liar di kebun ini ternyata menyimpan banyak manfaat kesehatan, mulai dari meningkatkan kesehatan mata hingga kesuburan wanita.

Teh bunga telang sudah terkenal di beberapa negara Asia Tenggara seperti Malaysia dan Thailand. Kedua negara tersebut menjadikan teh ini sebagai minuman herbal atau obat untuk menjaga kesehatan. Rasanya juga tidak jauh berbeda dengan teh hijau Jepang, tinggal menambahkan madu atau gula.

Menyeduh secangkir teh bunga telang bisa menjadi minuman menyehatkan. Saat diseduh, bunga telang kering ini akan mengeluarkan warna biru. Jika ditambahkan perasan air lemon, warnanya berubah merah keunguan.

Teh ini juga bebas kafein, tidak seperti teh biasa ataupun kopi. Bukan hanya dijadikan teh, bunga telang juga dimanfaatkan sebagai pewarna alami makanan di Thailand dan Vietnam, meski memang belum umum di kalangan pecinta kuliner Indonesia.

Untuk membuat the bunga telang, Anda dapat meraciknya sendiri dengan cara memetik bunga-bunga telang di kebun dan mengeringkannya. Anda juga bisa mengeringkannya bunga-bunga ini dengan cara dioven. Simpan di toples yang kedap udara dan tidak lembap.

Baca Juga:  Ingin Tidur Nyenyak dan Hilangkan Stres? Coba 5 Jenis Teh Hijau Ini
loading...
loading...