Ingin Tubuh Tetap Langsing Selama Puasa? Konsumsi Buah Ini Saat Berbuka!

Pertanianku – Ketika menjalankan ibadah puasa, sebaiknya Anda lebih memerhatikan asupan gizi yang Anda konsumsi. Saat berbuka puasa memang disarankan untuk mengonsumsi (makanan/minuman) yang manis-manis. Hal ini bertujuan mengembalikan energi yang terkuras saat menjalani puasa. Umumnya seseorang akan berbuka dengan kurma, kolak, es campur, teh manis, atau minuman manis lainnya.

Menikmati makanan yang manis jadi salah satu cara untuk membuat tubuh kembali berenergi. Selain kurma, ada jenis buah-buahan yang sangat pas dikonsumsi untuk berbuka puasa. Jika Anda rutin mengganti menu kolak dengan buah-buahan ini untuk buka puasa, ada kemungkinan berat badan juga akan tetap stabil.

Namun, jika Anda menginginkan tubuh yang langsing ketika menjalankan ibadah puasa, sebaiknya ketika berbuka Anda mengonsumsi beberapa buah berikut ini.

1. Pisang

Buah pisang juga kaya serat dan memiliki karbohidrat yang mudah dicerna sehingga mampu mengembalikan energi tubuh setelah seharian puasa. Pilih buah pisang yang sudah masak dan manis untuk dikonsumsi sebagai pengganti menu kolak atau olahan takjil agar lebih sehat.

2. Alpukat

Buah alpukat mengandung nutrisi dan lemak sehat yang dibutuhkan tubuh untuk mengembalikan energi yang sudah digunakan seharian. Alpukat juga bisa memberi efek kenyang yang cepat dan tahan lama sehingga bisa mengerem keinginan makan berlebihan. Makan buah alpukat secukupnya saat buka puasa, Anda bisa lebih mudah menahan diri untuk nggak kalap mengonsumsi jenis makanan berat lainnya.

3. Pepaya

Selain baik untuk melancarkan pencernaan, rutin mengonsumsi pepaya dapat membantu tubuh untuk membersihkan usus dari kuman penyakit. Usus yang bersih akan membuat pencernaan Anda lancar dan terhindar dari penyakit yang berhubungan dengan pencernaan. Dan buah ini cocok dijadikan menu takjil harian Anda. Selain itu, kandungan vitamin dalam pepaya juga bisa mencegah kulit menjadi kusam.

Baca Juga:  Yakin Telur yang Anda Konsumsi Aman? Cek di sini

4. Apel

Saat berbuka puasa, mengonsumsi buah apel bisa membantu sistem pencernaan untuk perlahan-lahan menyiapkan organ-organnya untuk menerima jenis makanan yang lebih kompleks yang akan kita konsumsi berikutnya. Mengonsumsi apel juga bisa menjaga berat badan dan mencegah keinginan makan berlebihan. Kandungan serat, vitamin, dan mineralnya juga sangat baik untuk dikonsumsi saat berbuka puasa.

5. Semangka

Buah yang kaya akan kandungan airnya ini juga kaya akan anti-oksidan, vitamin, dan mineral. Karena kandungan tersebut, buah manis ini cocok untuk digunakan sebagai makanan pembuka saat berbuka puasa. Buah ini akan memberi efek menyegarkan untuk buka puasa karena kaya air dan serat. Selain bisa menghilangkan dahaga, buah semangka juga rendah kalori.

6. Melon

Seperti halnya semangka, melon kaya serat dan mudah dicerna tubuh. Kandungan airnya yang banyak dan rasa manisnya yang alami sangat baik membuat tubuh kembali bersemangat. Namun, jika Anda memiliki perut yang sensitif, sebaiknya jangan langsung makan melon ketika baru berbuka puasa. Sebab, bisa membuat perut kembung.

Menu buah ini bisa jadi alternatif untuk menggantikan menu takjil yang terlalu manis dan berlemak. Anda bisa memvariasikan buah-buahan segar untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Pastinya imbangi juga dengan menjaga pola makan sahur dan berbuka yang baik. Tetap cukupi kebutuhan karbohidrat, protein, vitamin, mineral, dan lemak sehat agar tubuh senantiasa sehat dan bugar selama puasa.

7. Anggur

Rasanya segar dan manis, buah anggur juga bisa membantu menggantikan cairan dan gula yang hilang selama kita berpuasa seharian. Anggur juga termasuk jenis buah yang gampang dicerna karena tinggi air dan mengandung serat. Selain itu, mengonsumsi anggur juga bisa mencegah terjadinya sembelit.

Baca Juga:  Susah BAB Akibat Kebanyakan Makan Salak, Mungkinkah?

Selamat menjalankan ibadah puasa!