Ingin untung beternak ayam kampung? Anda Wajib Baca Ini!


Pertanianku – Wajar bila dikatakan “jual apa yang sedang laris”, tetapi dalam pelaksanaannya tidak semudah itu. Hal ini karena yang diperdagangkan dalam bisnis peternakan ayam kampong adalah benda hidup yang produksinya tidak bisa diatur seperti mesin. Tidak seperti pabrik makanan, misalnya bila permintaan kecap sedang tinggi maka produksinya akan diperbanyak. Namun, bila permintaan ayam kampung sedang banyak, apakah semudah itu dapat segera kita penuhi? Misalnya, produksi peternakan Anda 650 ekor per kali panen, kini pedagang minta 1.500 ekor per kali panen, apakah Anda bisa memenuhi saat itu juga? Bukankah ayam kampung harus dipelihara dahulu. Ketika Anda sedang beternak untuk memenuhi permintaan, peluang pasar tersebut mungkin sudah diambil oleh peternak lain. Inilah suatu masalah dalam bidang peternakan, yaitu adanya faktor waktu dalam produksi peternakan (cobwebb theorem).

ayam kampung 3

Beberapa hal ini sangat penting jika kamu ingin untung dalam beternak ayam kampung

1) Dalam perjalanan waktu bisnis, kadang kala keadaan berubah begitu cepat. Semula mau berkonsentrasi pada telur, tetapi apa boleh buat ayamnya dijual juga dan begitu sebaliknya.

2) Dalam keadaan yang berubah begitu cepat, perlu diambil tindakan yang cepat juga untuk menentukan apa yang segera dijual agar peluang pasar tidak terlepas.

3) Ayam kampung dan telur ayam kampung itu benda hidup sehingga memerlukan suatu aturan tertentu agar apa yang dijual dapat segera laku.

4) Syarat teknis usia jual yang optimal menjadi pegangan kita untuk menentukan “jual yang sedang laris” agar jangan sampai “laris bagi orang lain dan sial bagi kita”.

loading...
loading...