Ini 6 Jenis Jeruk yang Biasa Ditemui di Indonesia


Pertanianku — Siapa yang tidak tahu buah jeruk? Buah ini cukup populer di kalangan masyarakat. Jeruk memiliki beberapa jenis yang berbeda sesuai dengan daerah tempatnya tumbuh. Ada 6 jenis jeruk yang biasa kita jumpai di Indonesia.

jenis jeruk
Foto: Pixaba7

Sementara itu, ada 600 jenis jeruk yang tersebar di seluruh dunia. Nah, kira-kira jenis jeruk apa saja yang ada di Indonesia? Berikut ini ulasannya, yuk simak!

  1. Jeruk nipis

Jeruk jenis ini memiliki bentuk lonjong atau bulat dan agak runcing di bagian pucuk buahnya. Warna buah ini, yaitu hijau kekuningan dengan kulitnya yang agak tebal. Karena kulitnya tebal, maka kita akan kesulitan jika ingin langsung membukanya. Jeruk dengan bentuk biji oval ini memiliki rasa asam dan tidak manis sama sekali. Biasanya, jeruk nipis digunakan sebagai bahan masakan, minuman, atau obat herbal.

  1. Jeruk purut

Jeruk ini berwarna hijau dengan kulit buahnya yang keriput dan tidak beraturan. Jeruk yang berukuran kecil ini memiliki rasa yang sangat asam dengan daging buahnya yang tipis. Selain itu, bijinya juga banyak. Jeruk purut sering digunakan sebagai bumbu masakan, dan daunnya bisa digunakan untuk campuran masakan atau kue.

  1. Jeruk lemon

Buah yang memiliki kulit berwarna kuning muda ini mengandung banyak air. Buahnya memiliki rasa asam dengan aromanya yang khas. Selain itu, buah yang berbentuk oval ini memiliki daging buah yang sedikit. Kulit jeruk ini bisa dimanfaatkan untuk membuat selai. Air perasan lemon juga biasa dijadikan campuran minuman yang menyegarkan.

  1. Jeruk bali

Jeruk ini dikenal dengan ukurannya yang besar dan bentuknya yang bulat. Kulitnya tebal dan daging buahnya berwarna putih hingga kemerahan. Jeruk yang memiliki sedikit biji ini memiliki rasa manis, sedikit kecut, dan agak pahit.

  1. Jeruk siam
Baca Juga:  Pengendalian Virus Cabai dengan Vaksinasi

Jeruk siam memiliki kulit yang tebal dan kuat, serta berwarna hijau kekuningan. Pada kulitnya terdapat tekstur pori-pori yang berwarna kuning. Rasa buahnya cenderung manis dan terkadang sedikit asam. Jika dilihat bagian dalam buahnya, terdapat kerut-kerut atau serabut berwarna putih.

  1. Jeruk mandarin

Jeruk mandarin berwarna oranye cerah dan memiliki ukuran yang lebih kecil dibanding jenis jeruk manis lainnya. Kulitnya memang tebal, tapi dapat dengan mudah dikupas. Jeruk ini enak sekali jika dimakan, karena rasanya yang manis dan tidak berbiji.

loading...
loading...