Ini Alasan Anda Harus Mencoba Menggunakan Bioflok pada Kolam Lele

Pertanianku — Saat ini perkembangan teknologi di bidang perikanan sudah semakin pesat, banyak inovasi yang bisa digunakan untuk memudahkan proses budidaya. Bioflok merupakan salah satu inovasi yang dihasilkan dari perkembangan tekonologi. Ada beberapa alasan Anda sebaiknya mencoba bioflok yang bisa memberikan keuntungan.

bioflok
foto: pertanianku

Mengurai bahan organik di dalam kolam

Selama masa pemeliharaan, ikan lele akan mengeluarkan sisa metabolisme dan ada beberapa sisa pakan yang tidak termakan mengendap di dasar kolam. Seluruh bahan tersebut akan berbahaya jika dibiarkan tidak dibersihkan. Anda bisa menggunakan bioflok yang berfungsi untuk menguraikan bahan-bahan organik di dalam kolam menjadi mineral anorganik yang dibutuhkan oleh fitoplankton dan zooplankton.

Loading...

Mengendalikan senyawa beracun

Bakteri dalam bioflok bersifat heterotof dan hidup dalam kondisi anaerob sehingga bisa mengendalikan kadar amonia di dalam kolam. Amonia sendiri dihasilkan dari sisa pakan dan kotoran yang mengendap di dasar kolam. Amonia tersebut diubah oleh bakteri menjadi protein sel.

Bakteri tersebut juga akan bekerja untuk mengoksidasi nitrifikasi menjadi menjadi nitrat. Dengan demikian, kualitas kolam akan menjadi lebih baik dan stabil. Kualitas kolam yang seperti itu sangat berguna untuk menekan angka stres pada ikan dan tidak menimbulkan bau.

Menekan organisme pathogen

Tak hanya berguna untuk air media budidaya, konsorsium bioflok yang termakan oleh ikan lele juga dapat bermanfaat bagi sistem pencernaan ikan. Saluran pencernaan menjadi lebih sehat dan bisa menekan perkembangan bakteri pathogen di dalam tubuh ikan. Bakteri bioflok akan menghasilkan polihidroksi alkanoat, lalu diurai dengan enzim pencernaan sehingga membentuk asam alkanoat.

Senyawa asam alkanoat yang dihasilkan dapat menekan bakteri gram-negatif atau bakteri pathogen.

Ikan yang dipanen jauh lebih higienis

Baca Juga:  Kunci Sukses Memelihara Ikan dalam Instalasi Budikdamber

Karena kualitas media budidaya sudah terjamin lebih bersih dan sehat, otomatis ikan yang dihasilkan dari kolam tersebut juga jauh lebh bersih dan sehat. Selain itu, jeroan ikan lele yang dipelihara di dalam kolam bioflok jauh lebih bersih, baik limpa maupun hatinya. Daging yang dihasilkan jadi lebih kenyal dan tidak berbau.

Tentunya ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan flok tersebut. Dalam buku Bioflok Lele menjelaskan seluruh rangkaian budidaya lele yang menggunakan bioflok. Segera dapatkan buku tersebut untuk menambah pengetahuan. Anda bisa langsung menghubungi tim penjualan buku Penebar Swadaya.

Loading...
Loading...