Ini Alasan Jangan Terlena Membeli Bibit Ikan Murah


Pertanianku – Saat ini banyak pedagang benih ikan berlomba-lomba menjual benih ikan dengan harga yang murah. Hal ini dilakukan guna menarik para konsumen untuk membelinya. Namun, hal tersebut mampu menarik para konsumen yang tergiur oleh para pedagang benih ikan yang ditawarkan.

Karena faktor harga murah begitu sensitif dan sangat memengaruhi minat pembeli, tidak jarang para penjual menekan harga sebanyak mungkin untuk dapat bersaing dengan mengandalkan harga yang begitu murahnya.

Banyak penjual benih ikan yang memainkan harga untuk menarik para pembeli benih ikan. Bahkan, ada juga yang menjual benih dengan harga sangat murah, sampai tidak rasional dalam menawarkan harga benih ikannya.

Berikut beberapa alasan jangan terlena membeli bibit ikan murah:

  1. Kualitas benih ikan yang buruk

Untuk mendapatkan kualitas benih ikan yang terbaik, tentu saja membutuhkan biaya untuk mendapatkan induk berkualitas, pakan bermutu tinggi, perawatan induk, serta pemijahan yang tepat. Ketika kita mendapatkan benih ikan yang buruk, bukannya keuntungan yang kita dapatkan. Sebab, pemilihan kualitas benih ikan yang buruk adalah kesalahan utama dalam memulai budidaya ikan yang menyebabkan kegagalan.

  1. Jumlah benih ikan yang tidak sesuai

Tidak ada salahnya jika kita menghitung jumlah benih ikan yang kita pesan ketika sudah sampai di tangan kita. Sebab, hal ini juga sering dipermainkan oleh para penjual benih ikan, jumlah benih ikan dikurangi untuk dapat bersaing harga. Bahkan, ada penjual yang menawarkan jumlah benih ikan melebihi kapasitas boks dengan harga yang sangat murah. Dengan jumlah benih ikan yang melebihi kapasitas tiap boks tentu saja harus diwaspadai, apalagi ditambah dengan penawaran harga yang begitu murah.

  1. Ukuran benih ikan yang tidak sesuai
Baca Juga:  KKP Beri Edukasi Soal Standar Perdagangan Ikan Internasional

Tidak sedikit penjual benih ikan yang memainkan ukuran benih. Misalnya, benih ikan yang seharusnya berukuran 3—4 cm, tetapi si penjual mengatakan bahwa benih tersebut adalah ukuran 3—5 cm.

  1. Perawatan benih ikan yang tidak sesuai SOP

Benih ikan yang bagus jika tidak dirawat dengan baik akan menurunkan kualitas benih ikan tersebut. Apalagi jika benih ikan dengan kualitas buruk dan tidak dirawat dengan baik.

  1. Metode pengiriman benih ikan yang tidak sesuai SOP

Untuk menjaga keselamatan benih ikan ketika dikirimkan, perlu dilakukan lagkah-langkah dalam pengemasan. Benih ikan harus dipersiapkan seperti pemberokan, treatment, pengobatan, penyesuaian air saat karantina ikan, perawatan media karantina ikan seperti waring, dan ember seleksi. Hal tersebut memerlukan biaya dan SDM yang kompeten di bidangnya. Namun, pada kenyataannya banyak penjual benih ikan nakal yang menghilangkan proses tersebut guna menekan biaya produksi.

loading...
loading...