Ini Alasan Kenapa Anda Harus Beternak Jangkrik

Pertanianku — Sebagian orang bercita-cita untuk beternak jangkrik dan menjadi peternak yang sukses dengan hasil yang memuaskan. Namun, kenyataannya tidak semua calon pengusaha atau para pemula mendapatkan hasil yang ia idamkan.

beternak jangkrik
Foto: Google Image

Usaha beternak jangkrik menjadi salah satu peluang bisnis yang memang sebaiknya mulai Anda lirik. Pasalnya, ada beberapa alasan meyakinkan mengapa Anda harus memulai untuk beternak jangkrik.

Para pencinta burung kicau pasti sangat menyayangi peliharaannya agar tetap sehat, prima, dan berkicau setiap hari. Untuk menjaga agar burung tetap sehat dan berkicau, salah satu caranya dengan memberikan jangkrik sebagai pakan utamanya. Jangkrik menjadi salah satu serangga yang sangat disukai burung. Oleh karena itu, ini merupakan potensi pasar yang sangat besar bagi peternak atau pengusaha jangkrik.


Loading...

Untuk skala kecil, ternak jangkrik bisa dijadikan sebagai usaha sampingan di tengah-tengah pekerjaan utama Anda. Beternak jangkrik tak akan menyita banyak waktu, Anda hanya membutuhkan sekitar 2 jam dalam satu hari untuk memberinya pakan dan minum.

Selain itu, perawatan jangkrik juga dapat dikatakan mudah karena tidak memerlukan perawatan khusus atau biaya yang mahal. Bahkan, media untuk merawatnya pun bisa Anda peroleh dari lingkungan sekitar. Lahan yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar. Satu ruangan saja bisa diefektifkan menjadi beberapa kandang jangkrik.

Terkait pakannya, selain voor, pakan tambahan untuk jangkrik bisa Anda dapatkan dari sayuran, rumput liar, daun-daunan liar, yang semua itu gratis dari alam.

Hasil yang didapatkan bisa 50—100 persen dari modal. Katakanlah untuk mengeluarkan modal Rp100.000, maka setelah panen, hasil yang diperoleh bisa menjadi Rp150.000—200.000. Cukup menggiurkan bukan?!

Di samping itu, masih banyak lagi alasan kenapa Anda harus beternak jangkrik. Untuk mengetahui keuntungan lainnya, Anda hanya perlu mencoba untuk melakukannya langsung. Jika hanya dibayangkan tanpa melakukannya, akan mustahil.

Baca Juga:  Sayuran yang Baik Bagi Tumbuh Kembang Hamster

Sebagai panduan Anda beternak jangkrik, dapatkan informasi lengkapnya di buku Untung Berlipat Ternak dari Ternak Jangkrik. Yuk, coba ternak jangkrik!

Loading...
Loading...