Ini Alasan Perlunya Mengombinasikan Penggunaan Pupuk Organik

PertaniankuPupuk organik memang bagus untuk digunakan karena bisa membuat struktur tanah menjadi lebih baik, unsur hara dalam tanah menjadi melimpah ruah, tanaman dapat berpoduksi secara optimal, dan sayuran yang dihasilkan lebih sehat. Namun, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat menggunakan pupuk ini. Salah satunya yang kadang luput dari perhatian petani adalah penggunaan pupuk yang hanya satu jenis atau macam.

pupuk organik
foto: pexels

Padahal, penggunaan pupuk organik perlu dikombinasikan untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal. Setiap jenis pupuk memiliki kandungan nutrisi mikro dan makro yang berbeda-beda. Penggunaan pupuk hanya satu jenis akan menyebabkan ketidakseimbangan mikroba di dalam tanah. Oleh karena itu, kombinasi penggunaan pupuk perlu dilakukan untuk meningkatkan produktivitas.

Jika penggunaan pupuk hanya dilakukan dengan satu jenis dalam jangka waktu yang cukup lama dan suatu saat penggunaannya dihentikan, justru malah akan menyebabkan penurunan produktivitas hingga 30 persen dari sebelum menggunakan pupuk.

Loading...

Efek lainnya yang akan ditimbulkan dari penggunaan pupuk sejenis adalah pertumbuhan tanaman yang terhambat setelah memasuki musim tanam ke-3.

Penggunaan pupuk organik yang dikombinasikan akan lebih bagus. Kandungan unsur mikro dan makro dalam pupuk organik relatif kecil. Oleh karena itu, terkadang penggunaan pupuk oganik sering dilakukan dengan pencampuran jenis pupuk lainnya.

Tak jarang penggunaan pupuk organik harus dilakukan dalam jumlah yang besar. Misalnya saja, biasanya petani hanya membutuhkan 200 kg Urea untuk medapatkan unsur nitrogen yang dibutuhkan. Namun, dengan pupuk organik, petani membutuhkan sebanyak 9.200 kg atau 9,2 ton agar mendapatkan unsur nitrogen yang sama.

Oleh karena itu, pergantian pupuk anorganik ke pupuk organik dapat menyebabkan hasil produksi seketika anjlok. Anda perlu mengombinasikannya untuk mempertahankan hasil produksi. Biasanya volume pupuk organik akan lebih banyak daripada pupuk anorganik untuk menyeimbangkan nutrisi.

Baca Juga:  Keuntungan Budidaya Ikan dan Sayur dalam Satu Tempat

Perhatikan kandungan pupuk organik yang digunakan agar bisa diseimbangkan dengan pupuk anorganik. Ada banyak bahan baku yang digunakan untuk pembuatan pupuk ini, mulai dari limbah pertanian hingga limbah peternakan. Selain itu, perhatikan juga mikroba yang terkandung di dalam pupuk, peran mikroba tersebut sangat berguna untuk mempercepat proses penyerapan nutrisi.

 

 

 

 

 

 

Loading...
Loading...