Ini Alasan Wajib Mencuci Alpukat Sebelum Dimakan


Pertanianku – Sebelum mengonsumsi alpukat, apakah Anda akan mencucinya terlebih dahulu? Kebanyakan orang yang akan memakan alpukat pasti tidak dicuci terlebih dahulu ‘kan?

Foto: pixabay

Sebaiknya mulai sekarang, Anda membiasakannya mencucinya dahulu. Pasalnya, buah alpukat yang tak dicuci bisa berisiko keracunan.

Kira-kira apa ya akibatnya?

Seseorang bisa keracunan ketika mengonsumsi alpukat yang tidak dicuci terlebih dahulu karena bisa terkena bakteri dan juga sisa pestisida.

Pasti Anda menganggapnya bahwa yang akan dimakan hanyalah daging buahnya. Selain itu, kulit alpukat juga bertekstur keras. Namun, Anda tetap perlu mencucinya. Apalagi jika alpukat untuk dikonsumsi anak-anak.

Alpukat memang memiliki kulit tebal dan keras. Bahan kimia berbahaya seperti pestisida umumnya tidak akan menembus ke permukaan daging buah.

Namun, kulit alpukat yang bergelombang dapat membuat pestisida dan bakteri terperangkap. Oleh karena itu, saat Anda memotong dengan pisau tanpa dicuci terlebih dahulu, pisau dapat menarik unsur-unsur berbahaya tadi ke dalam daging buah.

Institut Pertanian dan Sumber Daya Alam di Universitas Nebraska-Lincoln, dalam panduannya mengupas dan memotong alpukat, merekomendasikan untuk mencuci alpukat secara menyeluruh sebelum dipotong.

Mencuci buah alpukat cukup mudah. Anda hanya cukup mencucinya dengan menggunakan air dingin atau hangat dan gosok permukaan kulit buah dengan spons lembut. Dan, tentu saja, selalu mencuci tangan sebelum Anda memotong dan mengolahnya.

Terlebih lagi jika Anda akan menyimpan alpukat yang telah dipotong. Anda harus menyimpannya dalam wadah yang tertutup bersama irisan bawang. Hal ini bertujuan agar daging buah tetap terlihat segar dan tidak berubah warna menjadi cokelat.

Baca Juga:  Dahsyatnya Manfaat Belimbing Wuluh untuk Atasi Berbagai Penyakit
loading...
loading...