Ini Alasannya Anda Perlu Mulai Beternak Kroto

Pertanianku Beternak kroto memang tidak sepopuler ternak ayam, kambing, domba, sapi, bahkan jangkrik. Namun, beternak kroto merupakan peluang usaha yang istimewa, apalagi di tengah tingginya tren burung kicau. Kroto termasuk pakan alami yang disukai burung kicau. Berikut ini alasan ternak kroto menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan.

beternak kroto
foto: pertanianku

Dicari oleh hobiis burung kicau

Sudah sejak lama kroto terkenal sebagai pakan alami yang dapat memengaruhi kicauan burung kicau. Kroto kaya protein yang dapat memengaruhi kualitas kicauan burung pleci, prenjak, ciblek, sirtu/cipo, branjangan, kenari, cucakrawa, dan perkutut.

Pakan kroto dianggap mampu memancing burung berkicau. Kroto yang masih basah tak hanya mampu memengaruhi kicauan burung, tetapi juga bisa menjaga daya tahan tubuh burung menjadi lebih prima dan semangat berkicau. Itu sebabnya banyak hobiis burung yang rela merogoh kocek untuk membeli pakan alami ini meski harganya sedang mahal.

Distribusi kroto di Indonesia

Saat ini sentra produksi kroto berada di Pulau Kalimantan, Bali, Lombok, dan Sumbawa. Akhir-akhir ini, permintaan kroto sedang tinggi, beberapa daerah yang membutuhkan kroto antara lain Jawa Barat dan DKI Jakarta. Biasanya, permintaan di kota-kota tersebut dipasok dari Bali dan Lombok.

Sebagian besar hasil produksi kroto di Kalimantan (sekitar 70 persen) disalurkan untuk ekspor. Pulau Kalimantan memang menjadi sentra terbesar penghasil kroto di Indonesia. Umumnya, hasil budidaya kroto di Kalimantan diekspor ke Malaysia.

Tingginya harga kroto

Kroto termasuk komoditas dengan harga jual yang relatif stabil. Harganya bisa dipengaruhi oleh faktor lingkungan, seperti cuaca atau musim. Setiap musim hujan, kroto menjadi langka. Kondisi tersebut sering membuat harga kroto melejit.

Risiko gagalnya rendah

Semut rangrang memiliki daya adaptasi yang tinggi sehingga kelangsungan hidup dan pertumbuhannya juga tinggi. Kondisi tersebut menyebabkan risiko gagal menjadi rendah pada teknis pemeliharaan.

Baca Juga:  Kriteria Bibit Itik yang Bagus

Larangan memburu telur semut di alam

Beberapa daerah ada yang menerapkan larangan untuk mencari telur semut. Dengan begitu, pesaing penjual kroto yang diburu dari alam sedikit, bahkan tidak ada sama sekali.