Ini Alasannya Anjing Makan Rumput

Pertanianku — Jika Anda pernah mendapati anjing kesayangan sedang makan rumput, fenomena tersebut merupakan hal wajar yang biasa dilakukan oleh anjing. Ada banyak alasan anjing makan rumput, seperti kekurangan vitamin, mineral, mengeluarkan gas atau tinja, serta menambah serat. Berikut ini deretan alasan ketika anjing memakan rumput.

anjing makan rumput
foto: Pixabay

Berguna untuk pencernaan

Tidak ada yang tahu pasti, kalau anjing makan rumput untuk menstabilkan pencernaannya. Kadang setelah anjing makan rumput, biasanya anjing akan muntah. Mungkin pencernaannya sedang tidak enak atau sedang sakit maag. Namun ingat, kalau anjing makan rumput yang mengandung pestisida, justru semakin membuatnya mual. Oleh karena itu, kalau anjing Anda suka bermain dan makan rumput sebaiknya jangan suka menyemprot pestisida di taman.

Mencari nutrisi tambahan

Anjing liar biasanya mendapatkan seluruh kebutuhan nutrisinya dari mangsa yang ditemui, termasuk mangsa yang merupakan pemakan rumput. Seluruh kebutuhannya hanya dipenuhi dari satu kali makan. Oleh karena itu, kebiasaan makan rumput mungkin dialami oleh anjing yang tidak terpenuhi kebutuhan primordialnya sehingga membutuhkan nutrisi tambahan dari rumput.

Sebagian orang menganggap anjing merupakan hewan omnivora. Dengan begitu, hewan ini memakan rumput untuk memenuhi kebutuhan primordial yang tidak terpenuhi.

Naluri alamiah

Anjing dapat memakan rumput meskipun sudah Anda berikan makanan bernutrisi tinggi. Hal tersebut memang bagian dari naluri anjing. Anjing menyukai tekstur dan rasa rumput serta menginginkan rasa segar dari rumput. Tidak hanya rumput, anjing juga menyukai daun-daunan dan buah-buahan.

Rumput yang sudah dimakan akan dimuntahkan kembali oleh anjing. Namun, Anda perlu waspada ketika anjing tidak memuntahkan kembali rumput yang dimakan karena hal tersebut dapat membahayakan kesehatan anjing.

Cara paling efektif untuk mengurangi anjing makan rumput adalah memberikan tambahan sayuran segar di menu makanannya. Contohnya, buah apel, pepaya, seledri, atau lalapan yang biasa Anda makan. Ingat, jangan diberi kembang kol karena akan membuat perutnya kembung. Kalau perlu, konsultasikan ke dokter hewan tentang jenis sayuran yang boleh dimakan oleh anjing.

Baca Juga:  Kuda Juga Perlu Diberikan Perlakuan Biar Senang