Ini Cara Cerdas Konsumsi Buah Apel


Pertanianku – Buah tidak hanya lezat dan segar, tapi juga mengandung berbagai nutrisi penting yang sangat baik bagi kesehatan. Hal ini tentunya bukan hal yang baru bagi Anda. Namun, pernahkah Anda berpikir untuk melakukan pengobatan dengan buah-buahan? Hal ini tentu sangat menarik karena obat biasanya identik dengan herbal—tanaman obat—sesuatu yang tidak mengenakkan. Tapi, dengan terapi buah, Anda bisa memulihkan dan memperbaiki kesehatan sekaligus mengonsumsi buah yang disukai. Salah satunya adalah buah apel. Apel_StudioPS_251110 (26) Apel mengandung zat-zat berkhasiat yang dibutuhkan oleh tubuh. Di antaranya ellagic acid, chlorogenic acid, caffeic acid, tannic acid, flavonoid terutama quercetin (golongan flafonol), catechin, dan epicatechin (golongan proanthocyanidin). Ada pula kandungan vitamin C, pektin, kalium, dan zink. Sebagian besar nutrisi penting tersebut terdapat di lapisan bawah kulit buah. Berikut adalah cara cerdas mengkonsumsi buah apel:

  • Untuk mendapatkan khasiat yang maksimal, paling baik buah dimakan segar tanpa dikupas kulitnya.
  • Apel yang berwarna hijau umumnya memang lebih asam, tetapi kandungan vitamin C-nya lebih banyak.
  • Agar potongan apel segar tidak berubah warna menjadi kecokelatan, masukkan irisan apel ke dalam air es yang ditambahkan sesendok perasan jeruk.
  • Kandungan fitokimia dan nutrisi dalam apel lebih tinggi kalau dimakan langsung bila dibanding dengan produk olahannya atau diproses dalam bentuk keripik atau produk olahan lainnya.

Buah apel yang sudah masak juga dapat dimakan langsung atau diiris-iris sebagai buah segar beserta kulitnya. Dapat juga dijadikan jus. Atau digunakan sebagai campuran salad, bahan kue, roti, pai, dan sereal. Buah difermentasi menjadi cuka atau diiris tipis, lalu dikeringkan menjadi keripik agar terasa garing dan renyah.

Baca Juga:  AS Punya Apel Hasil Rekayasa Genetik
loading...
loading...