ini Cara Mengontrol Berat Badan Ayam dan Keseragaman Ayam

Pertanianku – Kontrol berat badan pada periode starter dapat dimulai pada umur 1—4 minggu, tergantung jenis anak ayam bibit yang dipelihara. Untuk mengetahui berat badan ayam, dilakukan penimbangan anak ayam setiap minggu. Penimbangan dilakukan secara acak dengan jumlah ± 10% dari populasi. Penimbangan dilakukan saat ayam belum atau tidak makan (puasa). Sampling harus ditimbang semua. Oleh karena jumlah pakan yang diberikan kepada ayam dibatasi, supaya ayam bisa makan semua dilakukan metode pemuasaan terhadap ayam (jumlah pakan digabungkan dan diberikan sekaligus).

ini Cara Mengontrol Berat Badan Ayam dan Keseragaman Ayam

Berikut ini adalah teknik pemuasaan pada ayam bibit.

Loading...
  1. Sistem skip a day feeding

Pemuasaan dengan sistem skip a day feeding, yaitu satu hari diberi pakan, satu hari dipuasakan. Jumlah pakan dua hari diberikan sekaligus dan hari berikutnya ayam tidak makan.

  1. Sistem feed 2 (skip 1)

Pemuasaan dengan sistem skip feed 2 feeding, yaitu pada dua hari berturut-turut ayam makan dan hari ketiga ayam tidak makan.

  1. Sistem feed 5 (skip 2)

Pemuasaan dengan sistem skip 5, yaitu tiga hari berturut turut makan, satu hari puasa, dua hari berturut turut makan, satu hari puasa. Teknik pemuasaan pada ayam dihentikan ketika ayam sudah hampir memasuki masa bertelur. Pada fase starter, biasanya dipakai progam skip a day.

 

Sumber: Buku Panduan Lengkap Ayam

Baca Juga:  Suplemen yang Bisa Ditambahkan ke Pakan Ayam
Loading...
Loading...