Ini Cara Merawat Rumput Hijau

Pertanianku – Apakah Anda memiliki pekarangan yang dihiasi oleh rumput hijau? Jika ya, apakah rumput tersebut tumbuh dengan subuh atau bahkan mati? Pasalnya, pemeliharaan rumput ini terbilang tidak begitu susah. Bila pemeliharaan dilakukan secara rutin, tidak menutup kemungkinan tetangga akan iri melihat rumput hijau seperti permadani di halaman rumah kita. Berikut delapan cara yang dapat dilakukan untuk membuat rumah menjadi lebih hijau dan segar.

Ini Cara Merawat Rumput Hijau

  • Beri air yang cukup

Salah satu unsur yang penting untuk kesehatan rumput adalah air. Biasanya, rumput tidak memperoleh air yang cukup saat musim kemarau. Oleh karena itu, dibutuhkan penyiraman yang lebih intensif pada pagi dan sore hari. Namun, jangan sampai berlebihan dalam memberikan air sebab akan terjadi pembusukan pada rumput.

Loading...
  • Beri pupuk organik

Pemakaian pupuk organik juga perlu dilakukan supaya tanah tetap gembur dan diharapkan bisa mempercepat proses penyerapan makanan oleh tanaman. Salah satu pupuk organik yang baik adalah humus yang halus dan kering. Sebarkan pupuk organik di atas permukaan tanah secara merata dengan dosis 1 kg/m2.

  • Pupuk NPK

Pemupukan merupakan salah satu hal yang perlu dilakukan, paling tidak 3 bulan sekali. Pakai pupuk NPK dengan perbandingan antara Nitrogen, Fosfor, dan Kalium sebesar 1:1:1. Dosis yang dipakai adalah 100 gr/m2. Supaya sebarannya lebih merata, campurkan sedikit pasir halus pada pupuk.

  • Gunakan sprayeruntuk menyiram

Penggunaan alat siram seperti sprayer akan lebih baik lantaran air diberikan secara halus dan merata.

  • Cabut gulma

Bersihkan rumput dari gulma yang mengganggu keindahan dan pertumbuhannya. Upayakan untuk mencabut gulma hingga ke akar-akarnya dengan bantuan pisau kebun.

  • Lakukan pemangkasan

Pemangkasan dilakukan minimal seminggu sekali. Ketika musim hujan, pemangkasan dilakukan lebih sering karena biasanya rumput akan tumbuh lebih cepat.

  • Pertahankan ketinggian rumput
Baca Juga:  Obati Asma dengan Tanaman Hias Irah-irahan (Cissus javana)

Supaya rumput tumbuh dengan baik dan terlihat indah, pertahankan tinggi rumput hingga 2,5—3 cm. Jika pemangkasan terlampau berlebihan, akan menyebabkan kekeringan di bagian pangkal dan rumput tampak botak.

  • Lakukan penyuntikan

Tanah pada rumput yang sering diinjak akan padat dan mengeras. Hal ini akan memengaruhi pertumbuhan rumput. Rumput membutuhkan udara untuk pertumbuhannya. Oleh karena itu, dibutuhkan penyuntikan dengan cara membuat lubang dengan garpu tanaman sedalam 5—10 cm dengan jarak 10—15 cm. Lalu, isilah lubang tersebut dengan pasir atau humus halus. Lubang-lubang ini akan membantu tanaman guna menyerap air dan udara segar ke dalam tanah.

Loading...
Loading...