Ini Caranya Mengolah Lobak Agar Tidak Pahit

Pertanianku — Lobak putih (Raphanus sativus) memiliki rasa segar dan sedikit pedas. Namun, getah lobak putih memiliki rasa yang sangat pahit. Jika tidak diolah dengan benar, lobak justru tidak akan memiliki rasa yang enak. Berikut ini beberapa cara mengolah lobak agar tidak pahit.

cara mengolah lobak
Foto: pixabay

Pilih

Pilih lobak dengan warna yang terang dan memiliki daun yang tidak terlihat layu. Lobak tanpa permukaan cacat atau yang belum terlalu tua memiliki rasa pahit yang tidak sepekat lobak cacat atau lobak yang telat dipanen.

Ciri lobak yang masih muda dan segar adalah keras dan tidak lembek. Ciri lobak yang tidak cacat antara lain memiliki permukaan yang halus, tidak berkerut, dan tidak memiliki bintik hitam.

Pilihlah lobak berdasarkan kebutuhan Anda. Hal ini akan memudahkan Anda saat hendak mengolah lobak nantinya. Lobak untuk membuat salad lebih baik yang berukuran lebih kecil. Sementara, untuk masakan, pilihlah ukuran lobak yang lebih besar.

Cuci

Cuci lobak dengan air mengalir. Jika masih terdapat sisa kotoran, bersihkan dengan menyikatnya perlahan atau gosok dengan tangan. Selain lobak, alat untuk memotong dan talenan juga harus dicuci terlebih dahulu.

Potong bagian daun

Apabila lobak yang Anda beli masih memiliki daun, pisahkan bagian daun tersebut. Pisahkan pula pangkal umbi lobak karena bagian tersebut biasanya terasa pahit.

Kupas

Kupas lobak seperti mengupas wortel. Jika mengupas terlalu tipis, getah pada kulit lobak akan tertinggal dan rasa lobak akan menjadi pahit. Jika terlalu tebal, daging umbi lobak akan terbuang.

Potong

Setelah dikupas, potong lobak sesuai dengan kebutuhan Anda. Bisa juga potong menjadi dua atau tiga bagian yang lebih kecil untuk memudahkan saat perendaman.

Baca Juga:  Setek Ubi Jalar, Cocok Ditanam pada Musim Kemarau

Rendam dengan air garam

Rendam lobak yang sudah dipotong dengan air garam. Garam yang ditambahkan secukupnya saja, tidak perlu terlalu banyak. Hal ini akan membantu proses pengeluaran getah pada lobak sehingga lobak tidak akan terasa pahit.

Perendaman juga dilakukan dengan meremas bagian lobak agar lebih cepat keluar bagain pahitnya. Kemudian, diamkan sampai layu kurang lebih selama tiga jam.

Blansir atau rebus sebentar

Panaskan air dan apabila sudah mendidih, masukkan potongan lobak ke air panas tersebut. Sebelum lobak semakin layu, angkat lobak dan celupkan pada air dingin.

Memblansir lobak dilakukan untuk menghentikan proses kerja enzim pada getah yang menyebabkan rasa pahit. Sementara, pencelupan pada air dingin bertujuan menghentikan pemasakan berlanjut pada lobak agar tidak overcook.

Namun apabila Anda khawatir lobak jadi terlalu matang saat dimasak nanti atau karena olahan yang digunakan adalah lobak mentah, tahapan ini dapat dilewati.

Olah sesuai selera

Beberapa tahapan di atas dapat mengurangi rasa pahit pada lobak. Selanjutnya, lobak dapat diolah menjadi berbagai masakan mulai dari sup lobak atau salad hingga menjadi isian soto.

Loading...