Ini Daftar Ikan yang Aman Dikonsumsi Wanita Hamil


Pertanianku – Ketika wanita sedang hamil dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan kaya nutrisi. Hal tersebut dimaksudkan untuk membuat sang jabang bayi nantinya sehat. Segala upaya untuk mendapatkan kesehatan dilakukan terutama oleh wanita hamil. Ini karena prioritas utamanya nanti adalah kesehatan sang bayi ketika lahir.

Salah satu sumber makanan sehat yang dianjurkan untuk ibu hamil adalah ikan. Kandungan protein dan asam lemak tak jenuh pada ikan dipercaya sangat efektif untuk membantu tumbuh kembang janin.

Namun, menurut beberapa penelitian, konsumsi ikan dapat menimbulkan efek negatif dan positif. Oleh karena itu, para ibu hamil sebaiknya memahami jenis ikan yang tepat untuk dikonsumsi agar memberikan manfaat.

Kabar baiknya, Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat baru-baru ini memberikan daftar jenis ikan yang aman dan baik untuk para ibu hamil dan menyusui.

Dikutip dari situs resmi FDA, ibu hamil dan menyusui disarankan agar memakan ikan sebanyak dua hingga tiga porsi per minggu. Pilihannya mencakup ikan tuna, udang, ikan salmon, ikan sarden, lobster, tiram, cumi-cumi, kerang, kepiting, butterfish, dan lele.

Kemudian, untuk jenis yang cukup baik dikonsumsi mencakup ikan kakap, tuna putih, bluefish, buffalofish, dan rockfish. Jenis-jenis tersebut cukup dikonsumsi satu kali per minggu.

Terakhir, jenis ikan yang sebaiknya dihindari mencakup ikan kembung, hiu, dan ikan todak. Jenis-jenis tersebut terbukti mengandung kadar merkuri tinggi, yang berbahaya pada tubuh.

Jika jenis ikan yang Anda pilih ternyata tidak ada dalam daftar, sebaiknya cukup konsumsi satu kali per minggu dan tidak mengonsumsi jenis ikan lainnya. Ini karena ditakutkan memiliki kandungan merkuri yang berbahaya.

Baca Juga:  Restoran Cepat Saji Terkenal Ini Hadirkan Burger Vegan
loading...
loading...