Ini Dia 4 Varietas Benih Lele Unggul


Pertanianku — Dalam proses budidaya, agar didapat hasil panen yang maksimal, diperlukan benih unggul dan berkualitas. Alokasi biaya untuk pembelian benih ini berkisar 8—10% dari total biaya operasional. Porsi biaya benih memang tidak besar, tetapi menentukan hasil panen. Benih unggul dan berkualitas tentunya akan meningkatkan produksi dibanding penggunaan benih kualitas asalan.

Untuk mendapatkan benih unggul dan terjamin kualitasnya, sebenarnya tidak susah. Anda bisa mendapatkannya di Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) Sukabumi atau Balai Benih Ikan (BBI) Cijengkol, Subang. Selain di instansi pemerintah, Anda juga bisa membelinya di para pembenih yang sudah berpengalaman dan tepercaya.

Salah satu komoditas ikan air tawar yang banyak diburu orang adalah lele. Permintaan lele di pasaran, baik tradisional maupun modern cukup tinggi dan cenderung meningkat. Tidak hanya itu, kehadiran warung-warung makan pecel lele dan rumah makan khusus menjual lele juga menjamur. Sebagai informasi, untuk area Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi) kebutuhan lele konsumsi lebih dari 100 ton per hari. Cukup menggiurkan ya!

Agar membudidayakan berhasil, tentunya membutuhkan benih unggul dan berkualitas. Ada empat varietas benih lele unggul yang sudah teruji produktivitasnya. Berikut empat varietas yang dimaksud.

  1. Mutiara

Varietas lele mutiara adalah hasil pemuliaan dengan metode seleksi Balai Penelitian Pemuliaan Ikan Sukamandi yang dirilis pada 2015 lalu. Pertumbuhan lele mutiara lebih cepat dan berdaya tahan lebih tinggi dibanding lele lainnya.

  1. Mandalika

Lele mandalika adalah hibirida hasil persilangan yang dilakukan oleh Balai Benih Ikan Batu Kumbung (Nusa Tenggara Barat). Varietas mandalika resmi beredar sejak 2014 di NTB, NTT, dan Bali.

  1. Dumbo

Lele dumbo yang masuk ke Indonesia pada 1986 ini merupakan hasil persilangan antara C. gariepinus jantan dan C. fuscus betina (asal Taiwan).

  1. Sangkuriang
Baca Juga:  Nelayan dapat Bantuan Alat Tangkap Ikan Ramah Lingkungan

Lele sangkuriang lahir dari serangkaian riset yang dilakukan oleh Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) Sukabumi. Sangkuriang merupakan perbaikan genetik melalui persilangan antara dumbo betina generasi kedua (F2) dan dumbo jantan generasi keenam (F6) yang menghasilkan dumbo jantan (F2-6). Dumbo jantan ini kemudian dikawinkan lagi dengan dumbo betina (F2) sehingga menghasilkan varietas sangkuriang.

Selain keempat lele tadi, ada pula varietas yang telah beredar di masyarakat tetapi belum teruji kualitasnya secara resmi. Varietas itu adalah masamo, piton, kekar, dan paiton.

loading...
loading...