Ini Dia Alasan Hama Tanaman Harus Dibasmi Secara Teratur


Pertanianku Hama tanaman selalu menjadi musuh untuk para petani. Pasalnya, jika tanaman sudah terserang hama, petani bisa mengaami kerugian, yaitu gagal panen. Misalnya saja keberadaan hama di sawah yang menjadi hambatan bagi para petani. Ini karena tipe-tipe hama di berbagai tempat tentunya berbeda-beda tergantung pada jenis tanah dan ekosistem yang ada dalam tanahnya.

Hama tanaman
Foto: Pixabay

Tikus adalah hama tanaman yang sangat berbahaya untuk berbagai jenis tanaman. Salah satu tanaman yang sering diserang tikus adalah tanaman padi. Serangan yang dilakukan oleh tikus memang sangat berbahaya karena sering menyerang di persemaian, pada saat masa panen, dan masa penyimpanan hasil panen.

Hama tikus memang cukup sulit untuk diberantas sampai habis, karena sifat perkembangbiakannya yang sangat cepat dan sering bersembunyi pada area sawah yang memiliki banyak semak.

Tikus biasanya membuat lubang sendiri untuk bersarang dan terhindar dari pemangsanya. Salah satu cara memberantas hama tikus adalah dengan memberantas sarangnya dan membongkar lubang-lubang tempat bersembunyi berbagai jenis tikus.

Di berbagai wilayah, banyak petani yang menangkap ular sawah guna disimpan di lahan sawahnya yang bertujuan memberantas hama tikus. Ini karena ular sawah salah satu predator yang sangat menyukai tikus.

Hama lain yang berbahaya bagi tanaman padi adalah hama wereng karena keberadaan hama ini dapat membuat tanaman padi menjadi berlubang yang besar kemungkinan akan menjadi kering lalu mati. Untuk menghindarkan tanaman padi dari bahaya hama wereng adalah dengan cara melakukan pola tanam yang baik.

Mengapa hama tanaman harus dibasmi secara teratur?

Hama tanaman haruslah diberantas cara rutin karena setiap hama tidak akan pergi dengan satu kali usir. Perkembangbiakannya yang cepat membuat hama akan sangat sulit untuk diberantas dan dengan melakukan penyemprotan pestisida secara rutin akan membuat bibit hama itu mati.

Baca Juga:  Petani dan Nelayan Dibantu FAO untuk Bangkit Pascagempa

Jadi, bila tanaman padi ingin berkembang secara baik dan memperoleh hasil panen yang berlimpah, lakukanlah pembasmian hama secara rutin dan berkesinambungan.