Ini Dia Alasannya Anda Wajib Konsumsi Ikan Sarden

Pertaniaku – Ikan sarden mungkin tidak sepopuler jika kita bandingkan dengan ikan salmon ataupun ikan tuna. Namun, tahukah Anda jika nutrisi yang terkandung di dalam ikan sarden tidak kalah banyaknya dibanding ikan lain.

Ikan sarden memiliki daging yang padat. Bahkan, seorang ahli gizi bernama Geeta Shenoy memberikan penjelasan mengapa kita harus mengonsumsi sarden.

“Sarden adalah nama umum yang digunakan untuk merujuk pada berbagai ikan berminyak, berwarna perak, atau ikan bertulang kecil. Seperti makarel, daging sarden sangat padat, kaya nutrisi dan berminyak sehat,” katanya sebagaimana melansir Thehealthsite.

Selain itu, Geeta mengungkapkan keuntungan lain dari mengonsumsi ikan sarden. Menurutnya, sarden adalah bagian paling bawah dari rantai makanan.

“Jadi, sarden rendah dalam kontaminan seperti merkuri. Hal ini karena ikan kecil berada di dasar rantai makanan dan tidak mengandung konsentrasi kontaminan berbahaya,” ungkapnya.

Namun, hal paling penting adalah mengonsumsi sarden dapat meningkatkan kesehatan. Dengan mengonsumsi sarden rutin, Anda bisa menjaga kesehatan jantung.

“Sarden telah menjadi sorotan karena penelitian mengatakan, asam lemak omega 3-nya memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti mengurangi peradangan, sehingga melindungi kesehatan jantung dan mempertahankan fungsi otak tetap baik,” jelas Geeta.

Jadi, mengapa Anda harus wajib mengonsumsi ikan sarden mulai sekarang, berikut penjelasan lengkapnya:

  1. Menjaga kesehatan jantung

Konsumsi sarden secara teratur mencegah penyakit jantung. Sebab, ikan ini memiliki asam lemak omega-3 yang telah terbukti menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida yang tidak sehat.

  1. Mengobati diabetes

Mengurangi resistensi insulin karena lemak dan protein sehat yang bekerja untuk memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah.

  1. Mencegah kanker

Ikan sarden memiliki sifat antikanker. Jadi, sangat baik jika dikonsumsi secara rutin.

  1. Baik untuk kesehatan darah

Ini mencegah penggumpalan darah karena mengurangi pembengkakan.

  1. Memberi penglihatan yang tajam

Hal ini mengurangi degenerasi makula terkait usia.

  1. Memperkuat tulang

Ikan sarden kaya kalsium dan fosfor sehingga membantu dalam memperkuat dan menjaga kesehatan tulang.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan

Sarden membantu membangun kekebalan tubuh. Sebab, ikan ini mengandung vitamin D dan nutrisi penting lainnya.

  1. Mengandung anti-oksidan

Sarden mengandung sifat anti-oksidan karena dikemas dengan asam lemak omega-3.

Sungguh luar biasa bukan manfaat yang diberikan jika Anda rutin mengonsumsi ikan sarden?

loading...
loading...