Ini Dia Bedanya Mengapa Apel Aceh Lebih Digemari


Pertanianku — Sejak beberapa hari terakhir, buah yang disebut apel aceh ini banyak dijual pedagang pinggir jalan di Kota Palembang, terutama di kawasan Jalan Mayor Ruslan. Apel ini merupakan buah musiman dan digemari oleh banyak orang ketimbang apel lainnya. Nah, apa bedanya ya?

apel aceh
Foto: Pixabay
(Ilustrasi apel aceh)

“Kami sengaja datang langsung dari Aceh untuk berjualan apel aceh di Kota Palembang ini,” kata salah seorang pedagang, Suhada, yang didampingi rekannya Hendra di Palembang, mengutip Republika, Rabu (12/9).

Menurut Suhada, apel aceh merupakan buah musiman dan sekarang di Aceh memang sedang musimnya. Oleh karena itu, mereka berjualan di Kota Palembang.

Ia mengungkapkan, apel aceh itu di Palembang dijual dengan harga Rp35 ribu per kilogram. Sementara, di Aceh sendiri, harganya lebih murah, yakni Rp30 ribu per kilogram.

“Karena ada biaya angkutnya ke Kota Palembang makanya dijual dengan harga sebesar Rp35 ribu per kilogram itu,” katanya.

Suhada mengakui banyak pembeli yang juga bertanya mengenai buah apel aceh ini, karena mirip dengan buah pir dan jambu bangkok. Bahkan, tekstur buah apel aceh hampir sama dengan buah pir. Karena itu, banyak yang menyukainya.

Menurut pengakuannya, ia sudah berjualan buah apel aceh di Kota Palembang sejak tiga hari terakhir (Minggu, 9 September 2018) di pinggir jalan di Palembang.

“Saya baru tahu buah apel aceh ini, karena itu ingin mencoba rasanya,” kata Alia, salah seorang pembeli buah apel aceh.

Baca Juga:  Tips Ampuh Agar Tanaman Cabai Tidak Layu