Ini Dia Buah yang Mematikan dan Harus Dihindari


    Pertanianku — Berhati-hatilah saat makan buah. Sebab, ternyata ada beberapa jenis buah yang mematikan.

    buah yang mematikan
    Pixabay

    Buah tidak hanya lezat dan segar, tapi juga mengandung nutrisi penting yang sangat baik bagi kesehatan. Hal ini tentunya bukan hal yang baru Anda ketahui. Namun, buah-buahan seperti ceri, persik, dan aprikot merupakan beberapa jenis buah yang bisa menyebabkan kematian seseorang. Hanya saja, bukan daging buahnya yang bisa membuat seseorang meninggal, melainkan bijinya.

    Biji buah-buah tersebut bukan hanya menyebabkan seseorang tersedak, melainkan juga mengandung bahan kimia berbahaya, yaitu sianida. Sianida hidrogen merupakan bahan bersifat korosif yang biasa digunakan untuk membunuh hama dan melarutkan logam saat penambangan emas dan perak.

    Akan tetapi, sianida berbahaya yang terkandung dalam buah ini berbeda dengan sianida hidrogen yang biasanya ditemukan dalam pestisida ataupun pelarut logam tersebut. Simaklah ulasan berikut untuk informasi lengkapnya.

    Sebenarnya, kandungan sianida dalam buah yang masuk dalam tubuh akan diubah menjadi senyawa tiosianat yang akan dikeluarkan melalui urine.

    Namun, sianida bentuk apa pun dalam jumlah besar akan menyebabkan kerusakan pada tubuh seseorang. Sianida akan menghalangi tubuh manusia untuk mengolah oksigen. Akibatnya sel pun rusak dan menyebabkan kematian.

    Dilansir The Daily Meal, satu buah biji ceri dapat mengandung sekitar 0,17 gram sianida yang dapat membunuh manusia dengan berat 80 kg. Dosis tersebut termasuk besar karena 0,1 gram dosis sianida saja dapat berpotensi membunuh seseorang.

    Seperti yang diberitakan Independent, seorang lelaki asal Blackpool, Matthew Crème, sempat dilarikan ke rumah sakit karena tak sengaja menelan tiga biji buah ceri. Kala itu ia sedang menikmati sebuah kue ceri pada Juli 2017.

    Lalu, apa yang harus dilakukan saat tak sengaja menelan biji buah tersebut? Jangan khawatir. Sebab, senyawa sianida hanya tersedia di bawah lapisaan kulit biji.

    Baca Juga:  Cara Cina Pulihkan Hutan Mereka yang Rusak

    Oleh karenanya jika biji tersebut tak hancur, sianida tak akan masuk dalam tubuh. Jika biji tersebut hancur saat digigit, keluarkan biji tersebut dari mulut sebelum tertelan.

    loading...
    loading...