Ini Dia Ciri Bibit Sapi Unggul, Peternak Wajib Tahu


Pertanianku – Memilih bibit sapi yang berkualitas memang tidak mudah. Bahkan, untuk memahaminya seorang peternak harus mempelajarinya jika ingin mengetahui ciri-ciri bibit sapi unggul yang siap untuk digemukkan.

Foto: unsplash

Pemilihan bibit sapi yang benar akan menentukan keberhasilan ketika masuk ke proses penggemukan. Hal ini merupakan faktor penting berjalannya usaha penggemukan sapi Anda ke depannya.

Untuk itu, agar usaha ternak sapi yang dijalankan sesuai rencana, Anda juga harus memilih bibit sapi yang bagus. Berikut cara memilih bibit sapi yang berkualitas:

  1. Bibit sapi yang bagus memiliki ciri-ciri fisik seperti:
  • Memiliki bentuk tubuh yang proporsional, yaitu mempunyai rangka tubuh yang kokoh serta lebar.
  • Memiliki tinggi tubuh yang sama antara depan dan belakang serta tubuhnya memanjang.
  • Memiliki dada yang lebar, dengan mempunyai dada yang lebar akan membuat pertumbuhan daging di daerah dada bisa maksimal.
  • Memiliki bulu yang kering dan pendek dengan mata yang bersinar dan responsif terhadap lingkungan sekitar.
  • Bibit sapi yang bagus biasanya mempunyai pantat yang lebar serta perut kecil. Sebab, bibit sapi yang mempunyai perut besar menandakan bahwa bibit sapi terkena penyakit cacingan. Perut bibit sapi yang terlalu besar akan menghalangi pertumbuhan pada bagian yang lain, karena daging biasanya hanya akan tumbuh di bagian perut.
  • Memiliki kaki yang kokoh dan tulang kaki yang besar. Kaki yang kokoh pada bibit sapi yang bagus akan menopang berat badan sapi yang semakin besar.
  • Bibit sapi mempunyai bentuk kaki yang normal serta lurus.
  • Bibit sapi yang bagus memiliki bentuk tubuh yang tidak terlalu kurus dan tidak terlalu gemuk. Pilihlah bibit sapi yang berukuran sedang karena bibit yang terlalu kurus dan gemuk pertanda bahwa keadaan sapi tidak terlalu baik untuk dikembangbiakkan.
  1. Untuk memulai usaha ternak Anda, pilihlah bibit sapi yang sudah berusia 2—3 tahun. Karena pada usia tersebut merupakan umur yang paling ideal untuk dikembangbiakkan. Selain itu, pada usia sapi tersebut sapi akan lebih mudah untuk tumbuh dan kembang yang maksimal.
  2. Bibit sapi yang Anda pilih harus memiliki napas yang teratur. Ini tanda bahwa bibit sapi dalam keadaan bagus.
  3. Memiliki sistem pencernaan yang lancar.
  4. Bibit sapi memiliki gerak yang aktif karena bibit sapi yang lemas dan tiduran menandakan bahwa ia tidak sehat atau bahkan terserang penyakit.
Baca Juga:  Tertarik untuk Ternak Ayam Kampung? Ikuti Langkah Mudah Ini!
loading...
loading...