Ini Dia Daftar Pakan Alternatif Ikan Air Tawar


Pertanianku — Dalam budidaya ikan air tawar, umumnya kita mengenal pelet sebagai pakan ikan paling praktis. Bahkan, bukan hanya praktis, melainkan memang mengandung nutrisi lengkap yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan ikan. Pembudidaya ikan air tawar yang sudah berpengalaman tentu akan mencari pakan alternatif ikan sebagai pendamping pelet guna menekan biaya produksi.

pakan alternatif ikan
Foto: Shutterstock

Ya, meskipun kadar nutrisinya sangat tinggi, penggunaan pakan pelet memiliki kelemahan, yaitu dari sisi harga yang kian melambung. Hal ini diakibatkan harga bahan bakunya yang fluktuatif serta produsen yang tidak mau menurunkan harga saat harga bahan baku turun.

Walaupun pakan alternatif bisa diperoleh dari banyak bahan baku di sekitar kita, sebaiknya Anda tetap selektif. Nah, berikut ini daftar pakan alternatif ikan air tawar yang bisa Anda gunakan.

  1. Keong sawah dan bekicot

Bagi Anda yang hidup di pedesaan tentu sudah mengetahui bahwa keberadaan keong sawah dan bekicot dianggap sebagai hama yang sangat mengganggu tanaman. Padahal, jika kita tahu, kandungan dagingnya yang tinggi protein ini merupakan bahan baku pakan alternatif ikan air tawar yang sangat ideal.

Ikan lele, nila, patin, mas dan lainnya sangat menyukai cacahan daging keong dan bekicot. Agar tidak menimbulkan kanibalisme pada lele, daging keong sebaiknya direbus atau dibakar terlebih dahulu.

  1. Cacing tanah

Cacing tanah terutama jenis Lumbricus rubella kini sedang populer untuk dibudidayakan guna menjadi pakan alternatif ikan air tawar. Hampir semua jenis ikan air tawar sangat menyukai cacing tanah. Pada budidaya cacing tanah sendiri sangat mudah dan murah karena pakannya berasal dari sampah dan kotoran.

  1. Ikan rucah

Untuk ikan lele yang bersifat karnivora, Anda bisa memberikan pakan berupa ikan rucah yang ukurannya lebih kecil atau Anda juga bisa mencacahnya terlebih dahulu. Ikan rucah sangat mudah dijumpai di tempat pelelangan ikan. Ukurannya sangat kecil sehingga nelayan menjualnya dengan harga murah.

  1. Ikan kecil
Baca Juga:  Akibat Banjir, Inhu Alami Kerugian di Bidang Pertanian Hingga Rp5 Miliar

Jenis ikan kecil seperti ikan citol, wader, guppy, dan lain-lain bisa dimanfaatkan untuk menjadi pakan altetnatif ikan karnivora seperti lele dan patin. Peliharalah ikan kecil tadi dalam kolam khusus dan biarkan mereka berkembang biak untuk kemudian ditangkap dan diumpankan pada kolam lele atau patin.

  1. Ampas tahu

Limbah pengolahan kedelai yang juga terkenal mengandung protein nabati yang tinggi. Ia akan sangat cocok jika dijadikan pakan alternatif. Apalagi, jika dicampur dengan tepung ikan atau cacahan keong. Ampas tahu juga bisa dicampur dengan bekatul untuk kemudian difermentasikan terlebih dahulu sebelum diumpankan.