Ini Dia Fakta Unik Hamster yang Belum Diketahui Banyak Orang


Pertanianku — Hamster adalah satu hewan pengerat yang menggemaskan dan menyenangkan untuk dipelihara. Namun masih banyak yang belum mengetahui fakta unik hamster, si hewan imut ini.

fakta unik hamster
Pertanianku

Tahukah Anda bahwa hamster menyimpan makanannya di pipi? Atau, tahukah Anda kalau hamster adalah hewan yang sangat menyukai kebersihan?

Nah, bagi Anda yang berniat memelihara hamster, yuk simak terlebih dahulu fakta unik binatang berpipi tembam berikut ini.

  1. Hamster adalah omnivora

Di alam liar, mereka hidup dengan memakan tumbuh-tumbuhan dan serangga kecil yang mereka temui di sekitar habitatnya. Kebutuhan akan cairan didapat hamster dari embun dan tumbuh-tumbuhan yang mereka konsumsi.

  1. Hamster menyimpan makanan di pipi

Hamster memiliki pipi berkantong yang elastis untuk menyimpan makanan sementara, sebelum dipindahkan ke tempat yang aman di sarangnya. Bahkan, hamster dapat menyimpan makanan di pipi hingga 20% dari berat badannya.

  1. Hamster menimbun makanan dalam sarangnya

Fakta unik lainnya, yaitu hamster bisa menyimpan sebanyak 38 pon makanan dalam liang tunggal.

  1. Hamster hewan crepuscular

Dikatakan hewan crepuscular karena hamster merupakan hewan yang aktif terutama saat twilight (senja atau subuh). Hewan crepuscular terkadang aktif di malam hari saat bulan purnama.

  1. Hamster menyukai kebersihan

Hamster sangat suka dengan ritual ‘mandi’. Hamster mandi dengan cara berguling-guling di atas pasir yang bersih. Tujuannya, untuk menghilangkan minyak, kutu, dan parasit yang menempel pada kulit dan bulunya.

  1. Hamster bisa melakukan perjalanan jauh

Selain menyukai kebersihan, hamster juga bisa melakukan perjalanan yang jauh. Kecepatan 2—3 mph untuk jarak jauh dan 5—7 mph untuk jarak pendek. Hamster dapat melakukan perjalanan sekitar 8 mil dalam mencari makanan.

  1. Hamster buta warna

Binatang imut ini buta warna dan hanya bisa melihat hingga 6 inci di depan mereka. Saat mencari makanan dan menghindari pemangsa, hamster mengandalkan indra penciuman dan pendengarannya.

  1. Indera pendengaran hamster sangat tajam
Baca Juga:  Ternyata Bukan Raffles! Ini Dia Fakta Seputar Penemuan Bunga Rafflesia

Karena buta warna, hamster sangat mengandalkan indra penciuman dan pendengarannya. Oleh karena itu, hamster bisa mendengar suara dalam jangkauan ultrasonik.

loading...
loading...