Ini Dia Faktanya Budidaya Ikan Gurami Membutuhkan Waktu Lama

PertaniankuBudidaya ikan gurami membutuhkan waktu lama. Hal ini karena ikan gurami memiliki pertumbuhan lambat sehingga sering dipelihara sebagai komoditas sampingan. Padahal, nilai ekonomi gurami sangat menjanjikan. Anda bisa lihat sendiri seberapa banyak rumah makan yang menjadikan ikan gurami sebagai menu utama dengan harga yang mahal.

budidayan ikan gurami
foto:: pertanianku

Gurami merupakan salah satu dari 15 komoditas perikanan yang diproduksi untuk mendapatkan keuntungan dan memenuhi kebutuhan gizi masyarakat. Namun, sampai saat ini, produksi gurami di tingkat pembudidaya masih cukup rendah sehingga permintaan di pasar belum bisa terpenuhi seluruhnya.

Selain itu, produksi ikan masih menggunakan cara yang sederhana atau tradisional. Masih banyak pembudidaya yang menggunakan gurami sebagai tabungan yang bisa mendatangkan keuntungan di waktu mendatang atau digunakan untuk keperluan hari raya atau hari besar.

Loading...

Ada banyak fakta terkait budidaya ikan gurami membutuhkan waktu lama. Karena budidaya gurami masih sederhana, pakan yang diberikan tidak begitu optimal, hanya sebatas pakan hijauan. Selain itu, ada banyak faktor yang diabaikan oleh pembudidaya, seperti mutu benih, lingkungan, dan padat tebar. Hal tersebut menyebabkan pertumbuhan ikan menjadi lebih lama karena pertumbuhan ikan terhambat.

Saat ini sudah ada teknologi budidaya gurami yang dilakukan secara intensif meliputi padat tebar yang tinggi, pemberian pakan bermutu, jumlah dan waktu pemberian pakan, wadah dan lingkungan optimal, ukuran tepat dan seragam, serta kualitas benih yang baik. Seluruh rangkaian teknologi tersebut bisa diaplikasikan untuk mempercepat pertumbuhan ikan gurami sekaligus menghapus stigma ikan gurami sebagai ikan yang lama pertumbuhannya.

Semua cara tersebut dijelaskan dalam buku 99 Persen Sukses Budidaya Gurami yang diterbitkan oleh Penebar Swadaya. Buku tersebut mengupas tuntas budidaya ikan gurami secara intensif agar waktu budidaya berjalan lebih cepat.

Baca Juga:  Waktu yang Tepat untuk Memberikan Pupuk Susulan pada Kolam Ikan Nila

Dibandingkan dengan jenis ikan air tawar lainnya, ikan gurami memiliki keunggulan yang sayang dilewatkan. Keunggulan tersebut ialah harga jual dan permintaan ikan gurami yang tinggi.

Selain itu, pemasaran ikan gurami sudah cukup jelas. Semua ukuran ikan diterima di pasaran, mulai dari benih, ukuran kuku, ukuran korek api, hingga ukuran siap konsumsi. Bahkan, banyak pembeli yang rela memberikan uang muka terlebih dahulu kepada pembudidaya sebelum panen agar hasil panennya dijual kepadanya.

Loading...
Loading...