Ini Dia Karakteristik Unik Belut

Pertanianku — Bentuknya yang panjang dan memiliki warna kecokelatan membuat belut sering dikira sebagai ular. Meskipun memiliki bentuk fisik seperti ular, kulit belut tidak memiliki sisik sehingga untuk mengetahui ular atau tidak belut dapat dipegang terlebih dahulu. Namun, tahukah Anda bahwa ada karakteristik unik belut, simak penjelasannya di bawah ini.

karakteristik unik belut
foto: pixabay

Belut tidak suka terpapar cahaya matahari

Belut mampu hidup pada perairan yang memiliki kadar oksigen yang rendah seperti lumpur, genangan air tawar, atau pada aliran air yang tidak deras. Belut masih bisa hidup pada lingkungan yang becek dan gelap. Hal ini karena belut tidak menyukai paparan cahaya matahari.

Loading...

Air breathing fishes

Belut memiliki kemampuan hidup di dua alam karena ia mampu mengambil oksigen langsung di udara saat musim kering tiba yang menyebabkan sumber air terbatas. Hal itu karena belut memiliki alat pernapasan tambahan berupa kulit tipis berlendir yang dinamakan buchofaring. Alat pernapasannya itu terletak pada rongga mulut dan berfungsi menyerap oksigen dari udara.

Bersifat hermaprodit

Karakteristik unik belut lainnya ialah memiliki kelamin yang hermaprodit dan termasuk pada golongan kelompok hermaprodhit protogini yang merupakan pergantian kelamin dari betina ke jantan. Belut yang masih berusia muda akan memiliki kelamin betina, lalu saat berumur 6—9 bulan biasanya terjadi perubahan kelamin menjadi jantan.

Saat masa pergantian kelamin, belut bisa mengalami kemungkinan masa kosong kelamin atau banci. Pada saat itu belut akan memiliki sifat kanibal dan saling membunuh untuk memangsa sesama belut.

Belut ikan karnivora

Makanan belut berupa jenis binatang kecil yang hidup ataupun jatuh ke air seperti serangga, cacing, anak katak, anak ikan, dan siput.

Baca Juga:  Penyebab Kematian pada Benih Lele yang Wajib Diantisipasi

Membuat lubang perangkap

Untuk mendapatkan makanannya yang berupa binatang hidup, belut akan membuat lubang perangkap untuk menjebak mangsanya dengan cara menggali lumpur di tepi perairan ataupun di tengah sawah. Lubang perangkap buatan belut bergaris tengah sepanjang 5 cm dan bentuknya memanjang seperti terowongan. Bentuk awal perangkap belut adalah tegak ke bawah, lalu membengkok dan akhirnya mendatar.

 

Loading...
Loading...