Ini Dia Kelebihan Penggunaan Lampu LED untuk Tanaman

Pertanianku — Sinar matahari merupakan salah satu unsur penting untuk pertumbuhan tanaman. Jika tidak ada cahaya matahari, bisa digantikan dengan lampu LED. Akan tetapi, apa saja kelebihan penggunaan lampu LED untuk tanaman?

kelebihan penggunaan lampu LED untuk tanaman
Foto: Google Image

Lampu LED merupakan lampu hasil teknologi terbaru dibandingkan jenis lampu lainnya. Teknologi cahaya lampu LED dan ilmu bertanam merupakan aspek penting dalam pertumbuhan tanaman, menyediakan solusi terbaik untuk tanaman dalam greenhouse atau tanaman dengan lingkungan hidup yang terkendali.

Lampu LED sekarang ini menjadi pilihan pada kebun atau taman vertikal di dalam ruangan. Lampu LED tak hanya bagus untuk tanaman hidroponik, tapi juga pada tanaman konvensional lainnya di dalam greenhouse.

Loading...

Teknologi lampu LED yang sedang digembor-gemborkan belakangan ini membawa banyak keuntungan sebagai berikut.

  1. Lampu LED memberikan cahaya dengan pilihan spektrum yang lengkap. Dengan menyediakan cahaya lampu yang sesuai dengan keperluan tanaman, akan menghasilkan tanaman yang sehat dan hasil panen yang maksimal.
  2. Lampu LED merupakan lampu hemat energi sehingga dapat menekan biaya pertanian atau perkebunan.
  3. Lampu LED lebih tahan lama sehingga mengurangi penggantian lampu dan hal ini tentunya mengurangi biaya produksi pertanian atau perkebunan.
  4. Lampu LED memberikan cahaya yang tidak terlalu panas dibandingkan lampu pijar. Suhu udara yang tidak terlalu panas sangat baik dalam menunjang pertumbuhan dan kesehatan tanaman.
  5. Lampu LED tidak memberikan banyak radiasi sehingga lebih aman bila sinarnya langsung ditujukan pada tanaman.
  6. Lampu LED tidak memerlukan reflektor (pemantul cahaya) seperti yang digunakan pada tipe lampu lainnya.
  7. Lampu LED lebih ramah terhadap lingkungan sekitar.
Baca Juga:  Indonesian Grocery Project, E-Commerce untuk Mendorong Ekspor Pertanian
Loading...
Loading...