Ini Dia Lokasi Lapak Hewan Kurban di Jakarta


Pertanianku – Seluruh umat muslim sebentar lagi akan merayakan Hari Raya Idul Adha 1438 H yang jatuh pada 1 September mendatang. Meskipun masih beberapa pekan kedepan, banyak masyarakat telah berburu hewan kurban, baik sapi maupun kambing.

Di Jakarta sendiri, sejumlah lahan kosong mulai beralih fungsi jadi tempat berjualan pedagang hewan kurban musiman. Pencari hewan kurban di ibukota tak perlu jauh-jauh pergi mencari.

Sebuah tanah lapangan yang cukup luas dengan semak-semak tinggi yang berada di Jalan Pramuka, Jakarta Pusat, saat ini telah berubah menjadi kandang sapi sederhana. Ada sekitar 100 ekor sapi yang berada di kandang sederhana dari terpal plastik dan bambu tersebut.

Tempat penjualan hewan kurban lainnya yang berada di Jakarta Pusat, yakni terletak di tanah kosong pinggiran Jalan Raya Tanah Mas yang berada di Cempaka Putih.

Sementara di Jakarta Timur, beberapa pusat penjualan hewan kurban lainnya juga terdapat di sepanjang Jalan I Gusti Ngurah Rai atau sepanjang Pasar Klender hingga ke Pondok Kopi, Jakarta Timur. Selain penjual kambing yang berjualan setiap hari sepanjang tahun, banyak pula pedagang sapi dan kambing yang membuka lapak sementara yang berjualan khusus selama menjelang Idul Adha.

“Ramainya nanti setelah dua atau tiga minggu sebelum Lebaran. Kalau sekarang masih belum terlalu ramai,” tutur Andi, pedagang kambing di dekat Pasar Klender seperti melansir detikfinance (16/8).

Beberapa tanah kosong di kawasan Jatinegara Kaum, Jakarta Timur, juga menjadi tempat penjualan sapi kurban, seperti yang berada tak jauh dari Makam Pangeran Jayakarta. Namun, beberapa pedagang baru akan mengisinya dengan sapi sekitar 2 minggu sebelum Idul Adha.

Baca Juga:  Belasan Kambing Mati Mendadak, Apa Penyebabnya Ya?
loading...
loading...