Ini Dia Manfaat Mengejutkan Biji Alpukat, Anda Wajib Tahu!


Pertanianku – Buah yang satu ini memang diklaim tak hanya lezat, tetapi juga memiliki manfaat yang sungguh luar biasa. Ya, alpukat atau avokad merupakan buah yang banyak dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin. Buah yang satu ini tak hanya sehat, tapi juga membuat kulit tubuh tampak lebih cantik dan bercahaya.

Foto: pixabay

Yang lebih menarik lagi, buah alpukat juga mengandung nutrisi lemak jenuh yang tak akan membuat gemuk. Tak hanya buahnya yang memiliki banyak manfaat, biji alpukat juga tak kalah sehatnya.

Hal tersebut dibuktikan oleh para peneliti telah membuktikan bahwa nutrisi pada biji alpukat bisa menyembuhkan beberapa penyakit, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan mencegah risiko penyakit berbahaya termasuk risiko jantung.

Seperti melansir dari dailymail, mengolah biji alpukat menjadi serbuk halus dan menambahkannya ke selembar roti, salad, dan sandwich akan menjadikan makanan tersebut sangat sehat. Bubuk biji alpukat juga dikatakan bisa membuat berbagai makanan berasa lebih lezat.

Amy Sahpiro seorang ahli gizi dari kota New York mengungkapkan bahwa biji alpukat mengandung anti-oksidan dan serat yang begitu baik buat kesehatan. Nutrisi pada biji alpukat ini juga akan mencegah Anda terhindar dari risiko penyakit mematikan termasuk jantung, kanker, diabetes, juga ginjal.

Untuk membuat bubuk atau serbuk dari biji alpukat sendiri sangat mudah. Berikut caranya:

  1. Siapkan buah alpukat matang, belah dan ambil bijinya.
  2. Diamkan sebentar biji alpukat agar tidak lengket.
  3. Panggang di dalam oven selama satu sampai dua jam dengan suhu 120 derajat Celcius.
  4. Jika sudah, angkat biji alpukat dan diamkan hingga dingin.
  5. Ketika sudah dingin, lepaskan kulit bagian luar biji alpukat dan belah biji menjadi dua.
  6. Iris kecil-kecil biji alpukat pakai pisau tajam.
  7. Haluskan dengan cara ditumbuk atau dihaluskan pakai blender.
  8. Serbuk biji alpukat pun sudah jadi. Simpan di tempat yang tertutup dan kering.
Baca Juga:  Terbukti! Khasiat Jamu Kunyit untuk Pengantin Wanita

Dengan mengonsumsi serbuk biji alpukat, para ahli percaya bahwa seseorang bisa mendapatkan sistem pencernaan yang sehat dan usus yang terjadi. Biji alpukat ini juga bisa menjadi penurun kolesterol secara alami. Biji alpukat juga rendah kalori sehingga sangat baik buat menurunkan berat badan atau menjaga berat badan dalam kondisi ideal.

Dr. Shapiro mengatakan jika memang biji alpukat sangat pahit. Untuk itu, disarankan agar konsumsi sedikit saja bersama makanan lainnya. Kandungan nutrisi berupa kolagen dan lemak tak jenuh di dalamnya, akan membuat biji alpukat sangat baik buat kesehatan dan kecantikan kulit.

Mulai sekarang jika sedang mengonsumsi buah alpukat, jangan membuang bijinya ya. Dengan pengolahan yang tepat, biji alpukat bisa menjadi bahan makanan yang menyehatkan.  Bagaimana, sungguh luar biasa kan manfaat yang dihasilkan dari biji alpukat?

loading...
loading...