Ini Dia Manfaat Mengonsumsi Daun Bawang Secara Rutin


Pertanianku – Daun bawang merupakan bahan pelengkap di berbagai makanan seperti lumpia, martabak telur, dan makanan lainnya. Aromanya yang khas membuat daun bawang banyak digunakan untuk bahan makanan. Rasanya yang nikmat dan lezat membuat daun bawang banyak diminati.

Berikut manfaat yang dapat diperoleh dari mengonsumsi daun bawang sebagaimana melansir Womanitely:

Menjaga kesehatan jantung

Daun bawang penuh anti-oksidan yang memerangi radikal bebas. Daun bawang juga mengandung vitamin C, menjaga kolesterol, tekanan darah, dan mencegah penyakit jantung.

Mencegah kanker

Salah satu senyawa sulfur dalam daung bawang, yaitu allyl sulfide mengurangi risiko tubuh terkena kanker usus besar. Flavonoid dalam daun bawang mencegah kanker, menghentikan radikal bebas, dan kerusakan sel.

Menguatkan tulang

Kandungan vitamin C dan K pada daun bawang ternyata menguatkan tulang. Vitamin C menghasilkan kolagen yang bertanggung jawab menguatkan tulang, sedangkan vitamin K menjaga kepadatan tulang.

Mengontrol kadar gula darah

Senyawa sulfur dalam daun bawang membantu menurunkan kadar gula darah. Daun bawang meningkatkan insulin secara alami.

Menjaga kesehatan kulit

Tubuh membutuhkan kolagen untuk meremajakan kulit. Daun bawang menghaluskan dan meremajakan kulit secara alami.

Menyehatkan mata

Daun bawang kaya karotenoid, termasuk lutein yang bermanfaat menyehatkan mata. Mereka juga mengandung vitamin A yang menjaga kualitas pandangan mata tetap normal, melindungi mata dari peradangan, dan degenerasi makula.

Menjaga kesehatan pencernaan

Jika perut Anda bermasalah, tambahkan daun bawang dalam diet harian. Daun bawang mengandung cukup banyak serat yang berfungsi menyehatkan dan melancarkan pencernaan makanan.

Mencegah infeksi

Berkat sulfur dan vitamin K dalam sayuran ini, Anda bisa menikmati sirkulasi darah lancar. Tubuh juga menyerap vitamin B1 lebih baik sehingga mengurangi stres dan memberi tubuh lebih banyak energi untuk mengatasi lelah. Vitamin C dalam daun bawang berfungsi melindungi jaringan tubuh dari ancaman infeksi kuman yang membuat tubuh mudah sakit.

Baca Juga:  Minyak Serai Multifaedah Diburu Pasar
loading...
loading...