Ini Dia Manfaat Pisang Hijau yang Belum Diketahui


Pertanianku – Pisang merupakan buah yang memiliki banyak manfaat jika rutin dikonsumsi manusia. Nutrisi baik yang terkandung di dalamnya seperti protein, lemak, gula, vitamin, air, dan mineral sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan.

ini-dia-manfaat-pisang-hijau-yang-belum-diketahui

Jika biasanya Anda mengonsumsi buah pisang yang sudah masak atau berwarna kuning, Anda mungkin ingin mencoba mengonsumsi buah pisang yang masih hijau. Bintik hitam pada pisang yang kuning merupakan tanda kematangan pisang. Diyakini bahwa semakin banyak bintik hitam pada pisang berbanding lurus dengan zat antikanker yang dimiliki pisang tersebut. Anda mungkin bertanya-tanya, lalu apa bedanya memakan pisang hijau? Bukankah lebih baik jika memakan pisang yang memiliki lebih banyak zat antikanker?

Berikut beberapa manfaat pisang hijau yang masih jarang diketahui manusia. Berikut penjelasannya.

Sumber energi

Pisang hijau pada dasarnya memang memiliki kandungan karbohidrat yang sangat diperlukan oleh tubuh sebagai sumber energi. Bagi sebagian orang yang sedang menjalani pola diet buah pisang merupakan salah satu menu sarapan yang cukup populer untuk dikonsumsi. Cukup dengan 2 porsi pisang hijau energi tubuh pun bisa terisi cukup banyak.

Mencegah anemia

Anemia terjadi saat tubuh kekurangan sel darah merah. Anemia biasanya tidak dianggap sebagai masalah yang terlalu serius. Namun, apabila terus-menerus dibiarkan, tentu saja risiko komplikasi bisa terjadi. Untuk mencegah atau mengatasi anemia tubuh memerlukan zat besi. Zat besi tersebut akan memicu produksi sel darah merah pada tubuh sehingga tubuh tidak lagi kekurangan sel darah merah.

Mengobati diare

Diare atau biasanya lebih dikenal dengan penyakit mencret biasanya bisa terjadi pada orang dewasa ataupun anak kecil. Jika tidak ingin mengonsumsi obat kimia, pisang ini dapat menjadi solusi herbal alami untuk gangguan pencernaan ini. Pisang hijau rupanya memiliki kemampuan membantu menyerap air sehingga proses buang air besar dapat normal kembali.

Baca Juga:  Susah Tidur? Coba Minum Jus Ceri Montmorency

Mengobati maag

Penderita maag atau gangguan asam lambung dapat menggunakan pisang hijau sebagai salah satu cara untuk mengobati penyakit lambung tersebut. Pasalnya, dengan rutin mengonsumsi pisang ini selain maag dapat diatasi, pencernaan juga akan menjadi lebih sehat.

Menguatkan tulang

Pisang hijau dapat membantu menjaga kekuatan dan kesehatan tulang kita. Hal tersebut dikarenakan pisang hijau dapat membuat tubuh menyerap kalium dengan lebih baik sehingga tulang menerima asupan yang tepat dan terjaga kekuatannya.

loading...
loading...