Ini Dia Manfaat Probiotik untuk Ternak Ayam


Pertanianku — Ada beragam pendapat mengenai penggunaan probiotik untuk ternak ayam. Ada yang meragukan manfaatnya dan menganggap sia-sia saja. Namun, ada juga yang berpendapat penggunaan probiotik sangat bermanfaat untuk produktivitas ternak. Seperti diketahui, pengeluaran untuk pakan adalah bagian terbesar dalam ternak ayam. Oleh karena itu, menekan pengeluaran untuk pakan dengan probiotik adalah jawabannya.

probiotik untuk ternak ayam
Foto: Dok. Pertanianku

Ada beragam manfaat yang bisa diperoleh dengan aplikasi probiotik pada pakan ternak. Manfaat penggunaan probiotik pada ternak dialami oleh Ir. Suharto, MS seorang dosen Universitas Negeri Sebelas Maret sekaligus pendiri PT Lembah Hijau Multifarm (LHM) Surakarta.

PT LHM sendiri merupakan usaha bisnis pertanian terpadu yang meliputi peternakan dan pertanian yang menggunakan probiotik. Suharto adalah pakar sekaligus praktisi yang membuat usaha LHM menjadi inspirasi bagi banyak orang.

Menurut Suharto, manfaat utama pemakaian probiotik pada ternak adalah lahirnya efisiensi dan produktivitas ternak. Salah satu contohnya adalah pada ayam potong dan petelur, menghasilkan konversi pakan yang membaik. Dengan demikian, biaya untuk pembelian pakan bisa lebih hemat.

Dari segi kualitas produk, menurut Suharto juga akan semakin meningkat, contohnya pada ayam potong, kandungan lemaknya lebih rendah. Sebab, probiotik dapat meningkatkan Metabolisme Energi (ME) dan Total Digestible Nutrien (TDN) sehingga imbangan antara portein dan energi lebih bagus.

Manfaat lain penggunaan probiotik pada ayam adalah aspek keserasian lingkungan dan kesehatan ayam. Dengan aplikasi probiotik pada ternak ayam, udara lingkungan menjadi lebih segar karena kotoran ayam relatif tidak berbau dan berarti tidak ada protes dan keluhan masyarakat.

Penggunaan probiotik menurut Suharto juga akan berdampak konservasi atau pelestarian lingkungan. Hal ini karena kotoran ayam tidak menjadi pencemar lingkungan bahkan kotoran itu menjadi perawat lingkungan dan lebih siap digunakan sebagai pupuk organik.

Baca Juga:  Syarat Wajib dalam Pembuatan Kandang Ayam Broiler

Seiring dengan udara segar, akibat rendahnya kandungan amoniak dalam kotoran, maka potensi ayam menderita gangguan kesehatan semakin kecil. Utamanya adalah penyakit yang berkaitan dengan sistem pernapasan akan dapat ditekan. Dengan demikian, pertumbuhan ayam akan lebih optimal.

Termasuk dalam hal ini, tentunya adalah pertumbuhan organ-organ tubuh yang secara langsung ataupun tidak langsung pada sistem kekebalan. Inilah yang menjadi alasan penggunaan probiotik dapat meningkatkan kekebalam pada ayam.

Penggunaan probiotik pada ternak ayam adalah upaya memaksimalkan hasil produksi ternak dengan menekan biaya produksi, tetapi memberikan hasil yang lebih optimal. Jika Anda berminat, tentu bisa belajar dari para ahli dan praktisi yang sudah memiliki pengalaman langsung.